Pengaruh Teknik Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 174535 Nagasaribu, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan T.A 2021/2022

Saragih, Ricky Christianto (2023) Pengaruh Teknik Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 174535 Nagasaribu, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1163111063_COVER.pdf] Text
1. NIM. 1163111063_COVER.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2. NIM. 1163111063_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 1163111063_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1163111063_ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 1163111063_ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. NIM. 1163111063_KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 1163111063_KATA PENGANTAR.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 5. NIM. 1163111063_DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 1163111063_DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 6. NIM. 1163111063_DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 1163111063_DAFTAR TABEL.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7. NIM. 1163111063_DAFTAR BAGAN.pdf] Text
7. NIM. 1163111063_DAFTAR BAGAN.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8. NIM. 1163111063_DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 1163111063_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 9. NIM. 1163111063_BAB I.pdf] Text
9. NIM. 1163111063_BAB I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1163111063_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1163111063_BAB V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1163111063_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1163111063_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward and punishment terhadap disiplin belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan penentuan sampel menggunakan teknik
cluster sampling sehingga diperoleh sampel sebesar 25 peserta didik. Variabelvariabel dalam penelitian ini yaitu variabel pemberian reward and punishment serta variabel disiplin belajar. Instrument penelitian ini yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skala likert. Uji prasyarat yang dilakukan terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastistas, dan uji hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan uji linear berganda, uji-T, uju-F, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh kesimpulan bahwa Reward secara parsial mempunyai hubungan dan berpengaruh terhadap disiplin belajar
peserta didik, dengan nilai thitung (5.296) > ttabel (2,07387) dan nilai nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan secara parsial terdapat pengaruh antara reward terhadap disiplin
belajar. Punishment secara parsial tidak berpengaruh terhadap disiplin belajar, dengan nilai sebesar 0, 619>0,05. Dan nilai thitung (0,504) < ttabel (2,07387), maka H0 diterima dan H2 ditolak. Dapat disimpulkan secara parsial tidak terdapat
pengaruh antara punishment terhadap disiplin belajar. Berdasarkan hasil regresi di atas diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 0,001. Diketahui nila Fhitung sebesar 15,005 dan nilai Ftabel 3,44, sehingga nilai Fhitung (15.005) > Ftabel (3,44) dengan nilai signifikan sebesar 0,001 <0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Reward and Punishment; Disiplin Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 15 May 2024 04:25
Last Modified: 15 May 2024 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56819

Actions (login required)

View Item
View Item