Ritonga, Tara Puspita Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI SMA NEGERI 3 SIBOLGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191121021_Cover.pdf
Download (219kB)
4191121021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (581kB)
4191121021_Abstrak.pdf
Download (256kB)
4191121021_Kata_Pengantar.pdf
Download (468kB)
4191121021_Daftar_Isi.pdf
Download (254kB)
4191121021_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
4191121021_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
4191121021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
4191121021_BAB_I.pdf
Download (508kB)
4191121021_BAB_V.pdf
Download (217kB)
4191121021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (257kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan google sites pada materi impuls dan momentum di SMA Negeri 3 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 31,85 dan 29,44. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest ke dua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretest di peroleh thitung < ttabel yaitu 1,102 < 1,994, maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kontrol sama. Sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 77,60 dan 69,98. Hasil dari uji t pada posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,556 > 1,665, sehingga hipotesis Ha diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan google sites terhadap hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMA Negeri 3 Sibolga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Hipotesa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56807 |