PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI SMA NEGERI 3 SIBOLGA

Ritonga, Tara Puspita Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI SMA NEGERI 3 SIBOLGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191121021_Cover.pdf] Text
4191121021_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4191121021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 4191121021_Abstrak.pdf] Text
4191121021_Abstrak.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4191121021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121021_Kata_Pengantar.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 4191121021_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121021_Daftar_Isi.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4191121021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121021_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4191121021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121021_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191121021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191121021_BAB_I.pdf] Text
4191121021_BAB_I.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 4191121021_BAB_V.pdf] Text
4191121021_BAB_V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4191121021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan google sites pada materi impuls dan momentum di SMA Negeri 3 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 31,85 dan 29,44. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest ke dua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretest di peroleh thitung < ttabel yaitu 1,102 < 1,994, maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kontrol sama. Sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 77,60 dan 69,98. Hasil dari uji t pada posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,556 > 1,665, sehingga hipotesis Ha diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan google sites terhadap hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMA Negeri 3 Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Hipotesa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 May 2024 03:50
Last Modified: 15 May 2024 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56807

Actions (login required)

View Item
View Item