Siregar, Reyka Putri Aulia (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SDN 21 Rantau Utara Kab. Labuhan Batu T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1191111009_COVER.pdf
Download (54kB)
2. NIM. 1191111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (334kB)
3. NIM. 1191111009_ABSTRAK.pdf
Download (220kB)
4. NIM. 1191111009_KATA PENGANTAR.pdf
Download (274kB)
5. NIM. 1191111009_DAFTAR ISI.pdf
Download (146kB)
6. NIM. 1191111009_DAFTAR TABEL.pdf
Download (114kB)
7. NIM. 1191111009_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 1191111009_DAFTAR DIAGRAM.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 1191111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (114kB)
10. NIM. 1191111009_BAB I.pdf
Download (388kB)
14. NIM. 1191111009_BAB V.pdf
Download (209kB)
15. NIM. 1191111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (145kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SDN 21 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Serta untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan dari LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan
pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dengan menggunakan 4 langkah yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan
Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Rantau Utara sebanyak 19 orang. Validasi oleh ahli materi
yang memperoleh skor 59 dengan persentase 84% kategori “sangat layak” dan validasi LKPD oleh validator ahli media memperoleh skor 90 dengan persentase 90% kategori “sangat layak”. Data penunjang efektifitas LKPD melalui Pretest
dan Posttest. Persentase 84,21% dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik saat Pretes, 78,9% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM atau tidak tuntas sedangkan setelah diterapkan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada hasil Posttest memperoleh ketuntasan mencapai 84,21%. Uji coba peserta didik mendapat respon yang sangat baik dengan memperoleh jumlah skor 181 dari jumlah total maksimal penilaian 190 dengan persentasikan 95,2% masuk
pada kategori “Sangat Layak” digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SD Negri 21 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu T.A 2022/2023. sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD; Tematik; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:00 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56795 |