Nasution, Putra Irawan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Kelas IV Di SDN 0405 Hutaraja Lamo T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1191111020_COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM. 1191111020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (333kB)
3. NIM. 1191111020_ABSTRAK.pdf
Download (151kB)
4. NIM. 1191111020_KATA PENGANTAR.pdf
Download (261kB)
5. NIM. 1191111020_DAFTAR ISI.pdf
Download (146kB)
6. NIM. 1191111020_DAFTAR TABEL.pdf
Download (114kB)
7. NIM. 1191111020_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 1191111020_DAFTAR DIAGRAM.pdf
Download (112kB)
9. NIM. 1191111020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (115kB)
10. NIM. 1191111020_BAB I.pdf
Download (425kB)
14. NIM. 1191111020_BAB V.pdf
Download (208kB)
15. NIM. 1191111020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (177kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 citacitaku subtema 1 aku dan cita-citaku pembelajaran ke 1 kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan desaign one group Pretest Posttest. Dilaksanakan di kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir item soal. Dari analisis data Pretest yang dilakukan ditemukan bahwa 5 siswa tuntas dengan persentase 20,8% dan 19 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 79,2% dan untuk nilai rata-rata hasil belajar Pretest adalah 49,80 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 15. Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dan diberi Posttest dengan soal yang sama seperti soal Pretest ditemukan bahwa nilai
Posttest siswa dengan kategori tuntas 22 siswa dengan persentase 91,7% dan 2 siswa dengan kategori tidak tuntas dengan persentase 8,3%, dan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada Posttest adalah 77,70 dengan nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 30. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo. Dengan pengujian hipotesis dilakukan uji Paired Sample Test dengan program SPSS 20 diperoleh nilai Signifikansi sebesar 0,02 <0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo T.A 2022/2023. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Script ini dapat digunakan di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Cooperative Script; Hasil Belajar Tema 6 Cita - Citaku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:36 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56767 |