-, Muhaddis (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)Untuk Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Permesinan SMK N 2 Medan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153321011 COVER.pdf
Download (69kB)
2. NIM 5153321011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (895kB)
3. NIM 5153321011 ABSTRACT.pdf
Download (79kB)
4. NIM 5153321011 PREFACE.pdf
Download (263kB)
5. NIM 5153321011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (180kB)
6. NIM 5153321011 TABLES.pdf
Download (117kB)
7. NIM 5153321011 ILLUSTRATION.pdf
Download (118kB)
8. NIM 5153321011 APPENDICES.pdf
Download (124kB)
9. NIM 5153321011 CHAPTER 1.pdf
Download (428kB)
13. NIM 5153321011 CHAPTER 5.pdf
Download (288kB)
14. NIM 5153321011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (280kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI mata pelajaran Gambar Teknik pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik di kelas X Teknik Permesinan SMK N 2 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Teknik Permesinan SMK N 2 Medan T.A 2019/2020, yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Gambar Teknik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan post test dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 19 siswa (57,57%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 14 siswa (42,43%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 65,151 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 57,57%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 28 siswa (84,85%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (15,15%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,27 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 84,85%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Gambar Teknik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:51 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56756 |