Ermayu, Ela (2023) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SDN 050647 Timbang Lawan T.A 2022/2023”. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183311023 COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM 1183311023 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 1183311023 ABSTRACT.pdf
Download (502kB)
4. NIM 1183311023 PREFACE.pdf
Download (439kB)
5. NIM 1183311023 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (323kB)
7. NIM 1183311023 LIST OF PICTURES.pdf
Download (248kB)
8. NIM 1183311023 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (251kB)
8. NIM 1183311023 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (251kB)
9. NIM 1183311023 CHAPTER I.pdf
Download (578kB)
13. NIM 1183311023 CHAPTER V.pdf
Download (396kB)
14. NIM 1183311023 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (423kB)
Abstract
Pembelajaran tematik yang ideal harus memuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Minimnya beberapa perangkat pembelajaran di sekolah dan belum tersedianya bahan ajar atau media yang layak digunakan mengakibatkan
tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Diperlukan inovasi demi tersedianya perangkat pembelajaran yang mumpuni dan dapat mendukung proses belajar siswa secara aktif dengan mengikuti perkembangan yang ada saat ini. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, praktikalitas dan keefektifan penggunaan E-LKPD berbasis “Liveworksheets” pada tema 2 subtema 1 kelas V SD Negeri 050647 Timbang Lawan. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi),
dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis liveworksheets pada tema 2 subtema 1 kelas V SD yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar
87,5% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Serta menurut validator ahli materi pada tahap I hasil persentase kelayakan sebesar 73,68% termasuk dalam kriteria “layak” dan pada tahap II memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 90,52%.
termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Serta menurut praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase kepraktisan sebesar 93,68% termasuk kriteria “sangat praktis”. Hasil pada tahap uji coba lapangan kriteria keefektifan tercapai dengan
jumlah siswa yang mencapai 23 orang pada post-test atau sekitar 92%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis liveworksheets di kelas V SD Negeri 050647 Timbang Lawan layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Liveworksheets; E-LKPD; Penelitian Pengembangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 14 May 2024 06:09 |
Last Modified: | 14 May 2024 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56751 |