PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Misnianti, Sri Indah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192121003_Cover.pdf] Text
4192121003_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4192121003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192121003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 4192121003_Abstrak.pdf] Text
4192121003_Abstrak.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 4192121003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192121003_Kata_Pengantar.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of 4192121003_Daftar_Isi.pdf] Text
4192121003_Daftar_Isi.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4192121003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192121003_Daftar_Gambar.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4192121003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192121003_Daftar_Tabel.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4192121003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192121003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4192121003_BAB_I.pdf] Text
4192121003_BAB_I.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 4192121003_BAB_V.pdf] Text
4192121003_BAB_V.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 4192121003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192121003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siwa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan komik fisika pada materi suhu dan kalor . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI-C sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-D sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 33,75 dan 33,61. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretest diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,075 < 1,994, maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 74,58 dan 65,14. Hasil uji t posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,037 > 1,666, sehingga hipotesis Ha diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan komik fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komik fisika;Suhu; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 May 2024 03:26
Last Modified: 14 May 2024 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56726

Actions (login required)

View Item
View Item