Misnianti, Sri Indah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192121003_Cover.pdf
Download (106kB)
4192121003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (762kB)
4192121003_Abstrak.pdf
Download (310kB)
4192121003_Kata_Pengantar.pdf
Download (750kB)
4192121003_Daftar_Isi.pdf
Download (307kB)
4192121003_Daftar_Gambar.pdf
Download (279kB)
4192121003_Daftar_Tabel.pdf
Download (279kB)
4192121003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (279kB)
4192121003_BAB_I.pdf
Download (505kB)
4192121003_BAB_V.pdf
Download (300kB)
4192121003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (554kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siwa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan komik fisika pada materi suhu dan kalor . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI-C sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-D sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 33,75 dan 33,61. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretest diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,075 < 1,994, maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 74,58 dan 65,14. Hasil uji t posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,037 > 1,666, sehingga hipotesis Ha diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan komik fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komik fisika;Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:26 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56726 |