Syahputra, Dwi (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153121005 COVER.pdf
Download (123kB)
2. NIM. 5153121005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (469kB)
3. NIM. 5153121005 ABSTRACT.pdf
Download (145kB)
4. NIM. 5153121005 PREFACE.pdf
Download (129kB)
5. NIM. 5153121005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (155kB)
6. NIM. 5153121005 TABLES.pdf
Download (91kB)
7. NIM. 5153121005 ILLUSTRATION.pdf
Download (88kB)
8. NIM. 5153121005 APPENDICES.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 5153121005 CHAPTER I.pdf
Download (260kB)
13. NIM. 5153121005 CHAPTER V.pdf
Download (125kB)
14. NIM. 5153121005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (173kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran tipe Jigsaw; 2) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan
model pembelajaran Project Based Learning; 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan Project Based Learning pada mata pelajaran menggambar teknik. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester ganjil 2019. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling
terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Project Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar pada materi pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar teknik yang telah disusun dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Project Based Learning dengan perolehan nilai rata-rata 83,31 dan 80,23. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok homogen. Setelah dilakukan uji “t” diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar menggambar
teknik siswa kelas X TKR SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Jigsaw; Project Based Learning; Hasil Belajar; Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:13 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56704 |