Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A 2019/2020

Syahputra, Dwi (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153121005 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5153121005 COVER.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5153121005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5153121005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5153121005 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5153121005 ABSTRACT.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5153121005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5153121005 PREFACE.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5153121005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5153121005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5153121005 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5153121005 TABLES.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5153121005 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5153121005 ILLUSTRATION.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5153121005 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5153121005 APPENDICES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5153121005 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5153121005 CHAPTER I.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5153121005 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5153121005 CHAPTER V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5153121005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5153121005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran tipe Jigsaw; 2) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan
model pembelajaran Project Based Learning; 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan Project Based Learning pada mata pelajaran menggambar teknik. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester ganjil 2019. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling
terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Project Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar pada materi pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar teknik yang telah disusun dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Project Based Learning dengan perolehan nilai rata-rata 83,31 dan 80,23. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok homogen. Setelah dilakukan uji “t” diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar menggambar
teknik siswa kelas X TKR SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A. 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Jigsaw; Project Based Learning; Hasil Belajar; Menggambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 May 2024 01:13
Last Modified: 14 May 2024 01:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56704

Actions (login required)

View Item
View Item