Analisis Kecakapan Abad 21 Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 17 Medan

Fitria, Ayu Riza (2023) Analisis Kecakapan Abad 21 Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 17 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 3193111018_Cover.pdf] Text
3193111018_Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193111018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 3193111018_Abstrak.pdf] Text
3193111018_Abstrak.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 3193111018_Daftar_Isi.pdf] Text
3193111018_Daftar_Isi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193111018_Daftar_Tabel.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193111018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_BAB_I.pdf] Text
3193111018_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_BAB_V.pdf] Text
3193111018_BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3193111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 17 Medan. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Medan, yang berlokasi di Jl. Kapten M. Jamil Lubis No. 108, Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran dengan jenis penelitian campuran sekuensial. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa perwakilan kelas VII, VIII, dan IX; ibu Maryunah, S.Pd., M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan ibu Nurul Faradila Hutasuhut, S.Pd selaku Guru PPKn. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik melalui literasi digital dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 17 Medan adalah 65,3% atau dalam kategori cukup. Hal ini disebabkan fasilitas untuk mendukung literasi digital tidak memadai. Fasilitas itu sendiri sebagai salah satu pendukung literasi digital pada pembelajaran PPKn. Pada pembelajaran PPKn juga literasi digital kurang dipantau maupun dilatih secara langsung melalui materi-materi maupun tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian juga harus adanya kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua dalam memantau penggunaan internet yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecakapan Abad 21, Literasi Digital
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 13 May 2024 09:23
Last Modified: 13 May 2024 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56702

Actions (login required)

View Item
View Item