Daulay, Khoirul Syahputra (2020) Perbedaan Hasil Belajar Teknik Permesinan Bubut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Direct Intruction Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Medan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5151121014 COVER.pdf
Download (67kB)
2. NIM 5151121014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (699kB)
3. NIM. 5151121014 ABSTRACT.pdf
Download (246kB)
4. NIM. 5151121014 PREFACE.pdf
Download (238kB)
5. NIM. 5151121014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (150kB)
6. NIM 5151121014 TABLES.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5151121014 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 5151121014 APPENDICES.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 5151121014 CHAPTER I.pdf
Download (461kB)
13. NIM. 5151121014 CHAPTER V.pdf
Download (126kB)
14. NIM. 5151121014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (169kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar teknik pemesinan bubut dari siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Direct Intruction (DI) pada siswa kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian ini adalah Kelas XI TP I diterapkan model pembelajaran Problem Based Laerning (PBL) sedangkan XI TP 2 diterapkan model pembelajaran Direct Intruction (DI), tiap kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 opsi jawaban. Dari data hasil belajar pos-test diperoleh rata-rata kelas eksperimen I = 83 dan eksperimen II = 78,5. Untuk melihat apakah data berdistribusi normal digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) = 05. Pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diperoleh Lhitung(0,0808) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran Direct Intruction (DI) diperoleh Lhitung(0,1162) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Direct Intruction (DI) diperoleh Fhitung(1,0881) < Ftabel (1,8608) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 dengan kriteria uji tolak H0 jika |"t" _"hitung" |" > " "t" _"tabel" . Dari hasil penelitian diperoleh, thitung = 2,076 dan ttabel = 1,672 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Direct Intruction (DI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Direct Intruction; Hasil Belajar; Problem Based Learning(PBL) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:40 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56697 |