Lumban Toruan, Rade Juliman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151131041 COVER.pdf
Download (71kB)
2. NIM. 5151131041 APPROVAL SHEET.pdf
Download (533kB)
3. NIM. 5151131041 ABSTRACT.pdf
Download (36kB)
4. NIM. 5151131041 PREFACE.pdf
Download (171kB)
5. NIM. 5151131041 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (66kB)
6. NIM. 5151131041 LIST OF TABLES.pdf
Download (34kB)
7. NIM. 5151131041 LIST OF FIGURES.pdf
Download (33kB)
8. NIM. 5151131041 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 5151131041 CHAPTER I.pdf
Download (349kB)
13. NIM. 5151131041 CHAPTER V.pdf
Download (64kB)
14. NIM. 5151131041 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (35kB)
Abstract
Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini sangat pesat. Pada saat ini yang paling berpengaruh terhadap kegiatan manusia adalah teknologi informasi. Pada bidang Pendidikan, penggunaan smartphone belum dimanfaatkan secara optimal karena sebagian besar siswa belum menggunakan smartphone sebagai sarana sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelaajran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan macam-macam obyek multimedia, yaitu teks dalam bentuk pdf, gambar, audio, video, dan power point, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kelas XI Instalasi Tenaga Listrik. Merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Obyek penelitian adalah media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Tahap penelitian meliputi (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Format Produk Awal), (4) Uji Coba Awal, (5) Revisi Produk, (6) Uji Coba Lapangan, (7) Revisi Produk, (8) Uji Lapangan, (9) Revisi Produk Akhir, (10) Desiminasi dan Distribusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket penilaian ahli media, angket penilaian ahli materi, angket tanggapan dan penilaian terhadap siswa dan tes untuk menguji keefektifan siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel 30 siswa. Hasil Penilaian ini adalah Media Pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik, dengan presentase kelayakan (1) Hasil penilaian oleh dua orang ahli media mendapatkan skor penilaian 4,45 dengan kategori sangat layak, (2) Hasil penilaian oleh dua orang ahli materi mendapatkan skor penilaian 4,76 dengan kategori sangat layak, (3) Hasil Uji Produk yang dilakukan pada pengujian sebanyak 30 orang siswa mendapatkan skor penilaian 4,76 dengan kategori sangat layak. Simpulan: Media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi Google Classroom sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Pengembangan; E-Learning |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:30 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56695 |