Simamora, Pakto (2020) Pengembangan Trainer Mikrokontroler Arduino Nano Sebagai media Pembelajaran Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Untuk Kelas XI Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153131025 COVER.pdf
Download (61kB)
2. NIM 5153131025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (675kB)
3. NIM 5153131025 ABSTRACT.pdf
Download (36kB)
4. NIM 5153131025 PREFACE.pdf
Download (171kB)
5. NIM 5153131025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (395kB)
6. NIM 5153131025 LIST OF FIGURE.pdf
Download (320kB)
7. NIM 5153131025 LIST OF TABLES.pdf
Download (319kB)
8. NIM 5153131025 APPENDICES.pdf
Download (310kB)
9. NIM 5153131025 CHAPTER I.pdf
Download (253kB)
13. NIM 5153131025 CHAPTER V.pdf
Download (88kB)
14. NIM 5153131025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (80kB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya menjadi bagian yang diperhatikan guru selaku fasilitator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi ke sekolah dan melihat proses pembelajaran, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangkan Trainer Mikrokontroler Arduino Nano dengan tujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dan mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diajarkan guru dengan melakukan proses pembelajaran praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Trainer Mikrokontroler Arduino Nano layak digunakan pada pembelajaran Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Prosedur pengembangan media dilakukan dengan metode Research and Development atau lebih dikenal dengan R&D dan menggunakan model desain pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli media dan materi maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penilaian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 90% , hasil penilaian kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 90%, dan Kemudian berdasarkan hasil uji coba trainer yang dilakukan pada 20 orang siswa kelas XI TAV SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan didapatkan rata-rata penilaian sebesar 91,92% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para responden dan juga tanggapan positif yang mendukung media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Trainer; SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:15 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56692 |