Harahap, Silvia Wahyu Dayanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADAMATERI GERAK DAN GAYA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4182151004_Cover.pdf
Download (187kB)
4182151004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (353kB)
4182151004_Abstrak.pdf
Download (341kB)
4182151004_Kata_Pengantar.pdf
Download (211kB)
4182151004_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
4182151004_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
4182151004_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
4182151004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
4182151004_BAB_I.pdf
Download (315kB)
4182151004_BAB_V.pdf
Download (121kB)
4182151004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (314kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data terhadap hasil belajar pada kegiatan pretes dan posttes siswa terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah mendapat perlakuan. Hasil pengujian hipotesis pada kemampuan siswa dalam memcahkan masalah menggunakan uji statistik non parametrik dengan Uji Mann Whitney diperoleh sig. < 0,05 (0,00 < 0,05). Artinya Ha diterima atau terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi gerak dan gaya kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; kemampuan; Gerak dan daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 06:45 |
Last Modified: | 13 May 2024 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56677 |