PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADAMATERI GERAK DAN GAYA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK

Harahap, Silvia Wahyu Dayanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADAMATERI GERAK DAN GAYA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4182151004_Cover.pdf] Text
4182151004_Cover.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4182151004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182151004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4182151004_Abstrak.pdf] Text
4182151004_Abstrak.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 4182151004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182151004_Kata_Pengantar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4182151004_Daftar_Isi.pdf] Text
4182151004_Daftar_Isi.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4182151004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182151004_Daftar_Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4182151004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182151004_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4182151004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182151004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4182151004_BAB_I.pdf] Text
4182151004_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 4182151004_BAB_V.pdf] Text
4182151004_BAB_V.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4182151004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182151004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data terhadap hasil belajar pada kegiatan pretes dan posttes siswa terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah mendapat perlakuan. Hasil pengujian hipotesis pada kemampuan siswa dalam memcahkan masalah menggunakan uji statistik non parametrik dengan Uji Mann Whitney diperoleh sig. < 0,05 (0,00 < 0,05). Artinya Ha diterima atau terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi gerak dan gaya kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; kemampuan; Gerak dan daya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 06:45
Last Modified: 13 May 2024 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56677

Actions (login required)

View Item
View Item