Hayani, Rizka (2023) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasi l Belajar Siswa SD Negeri 16 Tanjungkubah Batubara. Masters thesis, UNIMED.
1. 8214081002 COVER.pdf
Download (43kB)
2. 8214081002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (556kB)
3. 8214081002 ABSTRACT.pdf
Download (142kB)
4. 8214081002 PREFACE.pdf
Download (247kB)
5. 8214081002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (141kB)
6. 8214081002 TABLES.pdf
Download (113kB)
7. 8214081002 ILLUSTRATION.pdf
Download (139kB)
8. 8214081002 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9. 8214081002 CHAPTER I.pdf
Download (487kB)
13. 8214081002 CHAPTER V.pdf
Download (196kB)
14. 8214081002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (304kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis
macromedia flash yang valid, layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan
hasil belajar siswa pada pokok bahasan organ pencernaan manusia. Penelitian ini
dilakukan di UPT SD Negeri 16 Tanjungkubah. Pelaksanaan penelitian ini
dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian
ini adalah tiga validator ahli (ahli desain, ahli media, dan ahli materi), kemudian
guru dan anak kelas V UPT SD Negeri 16 Tanjungkubah. Sedangkan yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran
IPA berbasis macromedia flash. Model pengembangan yang menjadi acuan
penelitian ini yaitu model pengembangan model ADDIE. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka
dapat ditarik simpulan dari rekapitulasi Tim Ahli Validator Materi diperoleh
persentase 85,15% yang berarti menyatakan bahwa sangat valid, ahli desain
pembelajaran diperoleh persentase sebesar 91,11% dan ahli media diperoleh
persentase sebesar 82,29% maka media pembelajaran IPA dengan berbasis
macromedia flash dinyatakan sangat valid oleh validator untuk media
pembelajaran di UPT SD Negeri 16 Tanjungkubah. Berdasarkan hasil penilaian
rekapitulasi angket respon siswa yang sudah dilakukan pada 25 siswa, diperoleh
penilaian menyatakan tidak layak sebanyak 2 siswa (8%) terkait media yang
dikembangkan, dan menyatakan layak sebanyak 23 siswa (92%). Maka media
pembelajaran IPA dengan berbasis macromedia flash dinyatakan layak.
Berdasarkan hasil perolehan ketuntasan belajar diperoleh sebsar 90%, maka media
pembelajaran IPA pada materi sistem organ pencernaan pada manusia dengan
berbasis macromedia flash yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 611.61 Hay p |
Keywords: | Media Pembelajaran IPA, Macromedia flash, Sistem Organ Pencernaan Pada Manusia |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:20 |
Last Modified: | 13 May 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56666 |