Sari, Ayu Novita (2023) Pengembangan Media Belajar Monopoli Karya Sastra Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Swasta Muhammadiyah Kec. Tanjung Morawa T.A 2021- 2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173311017_COVER.pdf
Download (45kB)
2. NIM. 1173311017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (248kB)
3. NIM. 1173311017_ABSTRAK.pdf
Download (144kB)
4. NIM. 1173311017_KATA PENGANTAR.pdf
Download (224kB)
5. NIM. 1173311017_DAFTAR ISI.pdf
Download (66kB)
6. NIM. 1173311017_DAFTAR TABEL.pdf
Download (37kB)
7. NIM. 1173311017_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (34kB)
8. NIM. 1173311017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 1173311017_BAB I.pdf
Download (345kB)
13. NIM. 1173311017_BAB V.pdf
Download (129kB)
14. NIM. 1173311017_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (227kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan Media Belajar Monopoli Karya Sastra Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Swasta Muhammadiyah Kec. Tanjung Morawa T.A 2021- 2022, (2) kepraktisan Media Belajar Monopoli Karya Sastra Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V
SD Swasta Muhammadiyah Kec. Tanjung Morawa T.A 2021- 2022. Dan (3) kelayakan Media Belajar Monopoli Karya Sastra Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Swasta Muhammadiyah Kec. Tanjung Morawa T.A 2021- 2022. Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R & D dengan
menggunakan Model pengembangan 4-D, yang meliputi 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Produk yang dikembangkan berupa Media Belajar Monopoli Karya Sastra Melalui Aplikasi Corel Draw yang diuji melalui uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media pembelajaran dan peserta didik kelas V SD Swasta Muhammadiyah Kec. Tanjung Morawa sebanyak 30 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pada uji kelayakan adalah (1) uji ahli materi
pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (94%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (93%), serta uji coba lapangan (94,69%). Lalu dari segi uji kepraktisan Media Belajar Monopoli Karya Sastra
Melalui Aplikasi Corel Draw berada pada kategori praktis dengan rata-rata nilai total 2,64. Selanjutnya dari segi uji Efektifitas Media Belajar Monopoli Karya Sastra Melalui Aplikasi Corel Draw pada tahap pretest nilai peserta didik dengan rata-rata 76,66 % kategori efektifitas “Sedang”, dan pada tahap posttest nilai peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan berupa Media Belajar Monopoli Karya Sastra Melalui Aplikasi Corel Draw dengan rata-rata 85,41%
dengan kategori efektifitas “Sangat Baik”. hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan sebesar 21,25%,Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan berupa Media Belajar Monopoli Karya Sastra Melalui Aplikasi Corel Draw layak dan
praktis digunakan serta lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Belajar Monopoli; Bahasa Indonesia dan Aplikasi Corel Draw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:02 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56635 |