NURSIA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344005_Cover.pdf
Download (242kB)
7193344005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (269kB)
7193344005_Kata_Pengantar.pdf
Download (383kB)
7193344005_Abstrak.pdf
Download (460kB)
7193344005_Daftar_Isi.pdf
Download (279kB)
7193344005_Daftar_Tabel.pdf
Download (317kB)
7193344005_Daftar_Gambar.pdf
Download (215kB)
7193344005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (219kB)
7193344005_BAB_I.pdf
Download (813kB)
7193344005_BAB_V.pdf
Download (323kB)
7193344005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (423kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan masih adanya mahasiswa yang kurang puas terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi UNIMED.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 sebanyak 86 mahasiswa dengan sampel menggunakan Teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Data yang telah diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan, persamaan regresi linear berganda Y = 36,373 + 0,044 X1 + 0,258 X2. Analisis data uji-t menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan Akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dilihat dari nilai ttabel = 1,988 (3,298 > 1,988) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05) dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dilihat dari nilai thitung = 17,144 lebih besar dari ttabel = 1,988 (17,144 > 1,988) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Analisis data uji F menyatakan Kualitas Pelayanan Akademik dan Fasilitas Belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel 164,818 > 3,11 dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kemudian untuk koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,799 atau mempunyai kontribusi sebesar 79,9% terhadap Kepuasan Mahasiswa. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa antara Kepuasan Mahasiswa dan Fasilitas Belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap Kepuasan Mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Pelayanan Akademik, Fasilitas Belajar, Kepuasan Mahasiswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:21 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56613 |