PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN

Hutabarat, Meri Lidya Olga Nauli (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4163111044_Cover.pdf] Text
4163111044_Cover.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of 4163111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4163111044_Abstrak.pdf] Text
4163111044_Abstrak.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of 4163111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 4163111044_Daftar_Isi.pdf] Text
4163111044_Daftar_Isi.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of 4163111044_Daftar_Tabel.pdf] Text
4163111044_Daftar_Tabel.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of 4163111044_Daftar_Gambar.pdf] Text
4163111044_Daftar_Gambar.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of 4163111044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4163111044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of 4163111044_BAB_I.pdf] Text
4163111044_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4163111044_BAB_V.pdf] Text
4163111044_BAB_V.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 4163111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (955kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 18 Medan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas IX- 2 di SMP Negeri 18 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran mobile learning terhadap minat belajar matematika siswa memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 86,91% berdasarkan validasi oleh ahli media dan persentase rata-rata untuk materi sebesar 83,25% berdasarkan validasi oleh ahli materi; (2) pengembangan media pembelajaran mobile learning terhadap minat belajar matematika siswa memenuhi kriteria praktis dengan persentase rata-rata sebesar 80,47% berdasarkan angket respon siswa terhadap media pembelajaran; (3) pengembangan media pembelajaran mobile learning terhadap minat belajar matematika siswa memenuhi kriteria efektif dengan persentase rata-rata sebesar 74,68% berdasarkan angket minat belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning terhadap minat belajar matematika siswa yang dikembangkan layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran, mobile learning, minat belajar matematika siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 May 2024 05:05
Last Modified: 12 May 2024 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56572

Actions (login required)

View Item
View Item