PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL KIMIA BERBASIS STEM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 1 PURBA

Siregar, Litani Fivetrin (2023) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL KIMIA BERBASIS STEM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 1 PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131050_Cover.pdf] Text
4193131050_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4193131050_Abstrak.pdf] Text
4193131050_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193131050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193131050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131050_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4193131050_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131050_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4193131050_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193131050_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4193131050_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193131050_Daftar_Gambar.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193131050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193131050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4193131050_BAB_I.pdf] Text
4193131050_BAB_I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4193131050_BAB_V.pdf] Text
4193131050_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4193131050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia berbasis STEM yang layak dan efektif meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil analisis dan situasi di SMA Negeri 1 Purba yaitu pembelajaran yang berlangsung cenderung menggunakan metode pengajaran satu arah dan lebih berpusat pada guru, siswa sering mengantuk dan kurang aktif bertanya pada saat pembelajaran berlangsung, kurang bervariasinya bahan ajar dan belum pernah menggunakan modul dalam pembelajaran kimia. Modul kimia berbasis STEM yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, penilaian STEM, kelayakan bahasa, kegrafikan berturut-turut adalah 89,47 %, 90,17%, 95,31%, 82,69%, 95,16%, dan persentase rata-rata adalah sebesar 90,56%. Modul kimia berbasis STEM yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest dan posttest siswa sebesar 43,57 dan 86,43 pada kelompok kecil, dan diperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest siswa sebesar 39,67 dan 84,67 dengan skor N-Gain hasil belajar siswa sebesar 0,75 untuk kelompok besar, serta nilai rata-rata aktivitas belajar siswa secara keseluruhan adalah 77,4% dengan kriteria tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Modul, STEM, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 May 2024 05:38
Last Modified: 11 May 2024 05:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56527

Actions (login required)

View Item
View Item