Larasati, Lailia Nabila (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENGENAL MIKROBA YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN TEMPE PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183341028_Cover.pdf
Download (171kB)
4183341028_Abstrak.pdf
Download (202kB)
4183341028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4183341028_Kata_Pengantar.pdf
Download (270kB)
4183341028_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
4183341028_Daftar_Tabel.pdf
Download (141kB)
4183341028_Daftar_Gambar.pdf
Download (158kB)
4183341028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (166kB)
4183341028_BAB_I.pdf
Download (332kB)
4183341028_BAB_V.pdf
Download (242kB)
4183341028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (202kB)
Abstract
Hambatan yang terjadi pada pembelajaran mikrobiologi yaitu pada fasilitas karena matakuliah mikrobiologi membutuhkan laboratorium untuk melakukan praktikum tetapi akibat daring akses ke laboratorium ditutup sehingga mahasiswa hanya bisa memahami melalui materi saja sehingga hanya buku penuntun praktikum sebagai media pembelajaran dalam melakukan langkah – Langkah kegiatan praktikum mengakibatkan mahasiswa kurang paham. Khususnya pada materi mikrobiologi pangan banyaknya mahasiswa yang gagal dalam melakukan praktikum pembuatan pangan salah satunya pada pembuatan tempe. Tempe memiliki titik kritis tertentu dalam keberhasilan produknya jadi mahasiswa harus memahami teknik untuk mengatasi titik kritis tersebut agar mengurangi kegagalan, hal ini di dapat ketika kita melakukan praktikum. Penelitian ini akan dilakukan di Universitas Negeri Medan. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu 4D. Adapun model 4D tersebut diantaranya yakni define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk para ahli dan mahasiswa. Para ahli terdiri dari ahli materi dan ahli media, Sedangkan untuk mahasiswa prodi pendidikan biologi stambuk 2020. Hasil dari penelitian ini bahwasanya media pembelajaran berbasis video tutorial mikrobiologi pangan layak dan efektifitas mengalami peningkatan sebesar 37,7% Peningkatan yang terjadi juga menunjukkan bahwa produk video pembelajaran mikrobiologi pangan efektif dilakukan pembelajaran mikrobiologi pangan. Implikasi video pembelajaran ini diharapkan dapat membantu dosen dalam pembelajaran mikrobiologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mikrobiologi Pangan, Tempe, Model 4 D, Video Tutorial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 May 2024 10:53 |
Last Modified: | 10 May 2024 10:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56516 |