Silalahi, Kumaret Rizky (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LERANING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 SIDAMANIK KABUPATEN SIMALUNGUN T.P 2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192441014_Cover.pdf
Download (41kB)
4192441014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (372kB)
4192441014_Abstrak.pdf
Download (108kB)
4192441014_Kata_Pengantar.pdf
Download (365kB)
4192441014_Daftar_Isi.pdf
Download (174kB)
4192441014_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
4192441014_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
4192441014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
4192441014_BAB_I.pdf
Download (259kB)
4192441014_BAB_V.pdf
Download (78kB)
4192441014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (229kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning
(PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 1 Sidamanik Kabupaten Simalungun. Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen. Penelitian kuasi eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh terhadap suatu perlakuan yang digunakan dalam kondisi yang terkendali. Quasi Eksperimental Design mempunyai kelompok kontrol, yang tidak berperan sepenuhnya dalam mengontrol variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan yaitu Non equivalent (Pretest and Posttest) control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik yang berjumlah 180 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian dua kelas. Satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu lagi menggunakan kelas eksperimen. Kelas IPA 2 berjumlah 36 orang yang akan menggunakan model PJBL dan kelas IPA 3 berjumlah 36 orang yaitu sebagai kelas control, sehinga jumlah secara keseluruhan adalah 72 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yatu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu sebesar 50 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu sebesar 47,78. Selanjutnya untuk nilai postest yang diperoleh dari kelas eksperimen 81,94 sedangkan pada rata-rata nilai postest yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu sebesar 76,53. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan hasil analisis uji statistik dengan menggunakan uji-t (Independent sample t-test) menunjukkan hasil signifikansi yang diperoleh sebesar sig (2-tailed) 0,001>0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka artinya terdapat pengaruh model Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 1 Sidamanik Kabupaten Simalungun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 May 2024 10:37 |
Last Modified: | 10 May 2024 10:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56514 |