Sagala, Oswaldo Raphael (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111099_Cover.pdf
Download (51kB)
4193111099_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (365kB)
4193111099_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4193111099_Kata_Pengantar.pdf
Download (722kB)
4193111099_Daftar_Isi.pdf
Download (145kB)
4193111099_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
4193111099_Daftar_Tabel.pdf
Download (357kB)
4193111099_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
4193111099_BAB_I.pdf
Download (696kB)
4193111099_BAB_V.pdf
Download (62kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah sebanyak 26 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat setelah model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended diterapkan. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 36,73 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 61,65 dalam kategori sedang serta meningkat pada siklus II menjadi 80,76 dalam kategori tinggi. Peningkatan juga diperoleh dari kemampuan siswa secara klasikal dimana pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa (42,30%) tuntas. Lalu, pada siklus II diperoleh sebanyak 23 siswa (88,46%) tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemapuan pemecahan masalah; Model pemebelajaran; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:18 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56489 |