Sagala, Oswaldo Raphael (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111099_Cover.pdf
Download (51kB)
4193111099_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (365kB)
4193111099_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4193111099_Kata_Pengantar.pdf
Download (722kB)
4193111099_Daftar_Isi.pdf
Download (145kB)
4193111099_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
4193111099_Daftar_Tabel.pdf
Download (357kB)
4193111099_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
4193111099_BAB_I.pdf
Download (696kB)
4193111099_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193111099_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (681kB)
4193111099_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193111099_BAB_V.pdf
Download (62kB)
4193111099_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
4193111099_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah sebanyak 26 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat setelah model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended diterapkan. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 36,73 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 61,65 dalam kategori sedang serta meningkat pada siklus II menjadi 80,76 dalam kategori tinggi. Peningkatan juga diperoleh dari kemampuan siswa secara klasikal dimana pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa (42,30%) tuntas. Lalu, pada siklus II diperoleh sebanyak 23 siswa (88,46%) tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemapuan pemecahan masalah; Model pemebelajaran; Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 08 May 2024 04:18 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:12 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56489 |
