PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Sagala, Oswaldo Raphael (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111099_Cover.pdf] Text
4193111099_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193111099_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111099_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4193111099_Abstrak.pdf] Text
4193111099_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193111099_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111099_Kata_Pengantar.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111099_Daftar_Isi.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111099_Daftar_Gambar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111099_Daftar_Tabel.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111099_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_I.pdf] Text
4193111099_BAB_I.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_V.pdf] Text
4193111099_BAB_V.pdf

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah sebanyak 26 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat setelah model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended diterapkan. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 36,73 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 61,65 dalam kategori sedang serta meningkat pada siklus II menjadi 80,76 dalam kategori tinggi. Peningkatan juga diperoleh dari kemampuan siswa secara klasikal dimana pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa (42,30%) tuntas. Lalu, pada siklus II diperoleh sebanyak 23 siswa (88,46%) tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemapuan pemecahan masalah; Model pemebelajaran; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 04:18
Last Modified: 08 May 2024 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56489

Actions (login required)

View Item
View Item