PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Sagala, Oswaldo Raphael (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111099_Cover.pdf] Text
4193111099_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193111099_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111099_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4193111099_Abstrak.pdf] Text
4193111099_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193111099_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111099_Kata_Pengantar.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111099_Daftar_Isi.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111099_Daftar_Gambar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111099_Daftar_Tabel.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111099_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_I.pdf] Text
4193111099_BAB_I.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_II.pdf] Text
4193111099_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_III.pdf] Text
4193111099_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_IV.pdf] Text
4193111099_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111099_BAB_V.pdf] Text
4193111099_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193111099_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111099_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4193111099_Lampiran.pdf] Text
4193111099_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah sebanyak 26 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat setelah model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended diterapkan. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 36,73 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 61,65 dalam kategori sedang serta meningkat pada siklus II menjadi 80,76 dalam kategori tinggi. Peningkatan juga diperoleh dari kemampuan siswa secara klasikal dimana pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa (42,30%) tuntas. Lalu, pada siklus II diperoleh sebanyak 23 siswa (88,46%) tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemapuan pemecahan masalah; Model pemebelajaran; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 04:18
Last Modified: 22 Oct 2025 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56489

Actions (login required)

View Item
View Item