Nurhamidah (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM MENGGUNAKAN EXE-LEARNING PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192121005_Cover.pdf
Download (50kB)
4192121005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (799kB)
4192121005_Abstrak.pdf
Download (148kB)
4192121005_Kata_Pengantar.pdf
Download (404kB)
4192121005_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
4192121005_Daftar_Gambar.pdf
Download (57kB)
4192121005_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
4192121005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
4192121005_BAB_I.pdf
Download (325kB)
4192121005_BAB_V.pdf
Download (210kB)
4192121005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (114kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan e-modul, keefektifan e-modul terhadap hasil belajar siswa, dan respon pengguna terhadap e-modul berbasis STEM menggunakan exe-learning pada materi Termodinamika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) menggunakan model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanjungbalai yang berjumlah 165 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 33 orang siswa dengan pembagian 7 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 26 orang siswa untuk uji kelompok besar. Instrumen yang digunakan berupa insturmen angket validasi ahli materi dan ahli media, instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasi, dan instrument angket respon pengguna.
Hasil penelitian diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat layak dari ahli materi dan ahli media dengan persentase 93,87% dan 91%. Keefektifan e-modul terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan n-gain score 0,81 dan mencapai persentase indikator keberhasilan belajar sebesar 100%. Respon pengguna terhadap e-modul yang dikembangkan didapatkan hasil dari guru bidang studi Fisika bahwa e-modul termasuk dalam kategori sangat memudahkan, sangat menarik, dan sangat bermanfaat. Respon peserta didik yang melibatkan 26 orang siswa termasuk dalam kategori sangat memudahkan, sangat menarik, dan bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Termodinamika; Instrumen angket; Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 01:39 |
Last Modified: | 08 May 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56476 |