PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP VIII MARKUS MEDAN

Lumban Gaol, Vinita M (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP VIII MARKUS MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4163311068_Cover.pdf] Text
4163311068_Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4163311068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163311068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4163311068_Abstrak.pdf] Text
4163311068_Abstrak.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4163311068_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163311068_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4163311068_Daftar_Isi.pdf] Text
4163311068_Daftar_Isi.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4163311068_BAB_I.pdf] Text
4163311068_BAB_I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4163311068_BAB_V.pdf] Text
4163311068_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4163311068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163311068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas dan validasi penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis Liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dan mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah melalui penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis Liveworksheet. Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah ADDIE yang memiliki 5 tahap,yaitu: : analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII - I SMP Swasta Markus Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ditinjau dari aspek kevalidan, LKPD berbasis Liveworksheet yang dinilai oleh validator media dan materi, yaitu 3,52 dan 3,78 dimana nilai kedua kriteria tersebut
termaksud kedalam kriteria sangat layak digunakan. Sementara jika ditinjau dari kriteria kepraktisan LKPD berbasis Liveworksheet memiliki kriteria berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru sebesar 75,63% dan 85,28%. (2) Hasil belajar pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan LKPD Liveworksheet memperoleh kenaikan rata-rata sebesar 40,88 dimana rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada saat pretest adalah 48,44 meningkat menjadi 89,32 pada tes kemampuan akhir (postest). Pada rata-rata nilai posttest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,82 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Lum p
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Liveworksheet; Pemecahan masalah; Bangun ruang; Prisma
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 May 2024 08:05
Last Modified: 07 May 2024 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56445

Actions (login required)

View Item
View Item