PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CANVA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 13 MEDAN

Pasaribu, Viviana Christy Angelina (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CANVA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141001_Cover.pdf] Text
4193141001_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193141001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4193141001_Abstrak.pdf] Text
4193141001_Abstrak.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4193141001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141001_Kata_Pengantar.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4193141001_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141001_Daftar_Isi.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4193141001_BAB_I.pdf] Text
4193141001_BAB_I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193141001_BAB_V.pdf] Text
4193141001_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193141001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa lembar kerja perserta didik elektronik berbasis canva dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem gerak. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan dengan waktu penelitian dari bulan Desember 2022-Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. LKPD yang dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh validator ahli dua ahli materi dan dua ahli media. Kemudian LKPD diimplentasikan di sekolah dengan sampel satu guru bidang studi biologi dan 27 siswa. Instrumen yang dipakai yaitu instrumen validasi untuk validator dan lembar respon guru dan peserta didik dan soal tes untuk melihat keefektifan LKPD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan E-LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid (95,5%) oleh ahli materi, menurut ahli media dikategorikan sangat valid (91%). Sedangkan hasil respon guru dikategorikan sangat valid (99%) dan hasil respon peserta didik dikategorikan sangat valid (81,5%) serta hasil tes yang diberikan kepada siswa menunjukkan rata-rata perolehan nilai peserta didik sebesar 89,4. Dan yang memperoleh nilai yang sama dengan atau melampaui KKM (≥ 75) yaitu sebanyak 26 peserta didik. Sehingga keefektifan E-LKPD dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan sebesar 96,3% yang menunjukkan bahwa E-LKPD tergolong sangat efektif untuk dipergunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 570.071 2 Pas p
Keywords: Canva; Problem based learning; Sistem gerak; Lembar kerja peserta didik; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 May 2024 04:55
Last Modified: 07 May 2024 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56439

Actions (login required)

View Item
View Item