Syahputri, Yeni (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Ekosistem. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196174002 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM 8196174002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (178kB)
3. NIM 8196174002 ABSTRACTS.pdf
Download (62kB)
4. NIM 8196174002 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (101kB)
5. NIM 8196174002 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (61kB)
6. NIM 8196174002 LIST OF TABLES.pdf
Download (33kB)
7. NIM 8196174002 LIST OF FIGURES.pdf
Download (32kB)
8. NIM 8196174002 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (32kB)
9. NIM 8196174002 CHAPTER I.pdf
Download (147kB)
13. NIM 8196174002 CHAPTER V.pdf
Download (61kB)
14. NIM 8196174002 REFERENCES.pdf
Download (220kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan lembar kerja peserta didik
(LKPD) berbasis literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA berdasarkan
ahli materi, ahli desain pembelajaran, respon guru dan respon siswa (2) mengetahui
efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains siswa pada materi
ekosistem kelas X SMA Penelitian ini dilakukan di SMA N Salapian pada bulan April-
Juli 2022, dengan teknik analisis data deskriptif pengembangan LKPD dilaksanakan
dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan Four-D (4-D) yang terdiri dari
empat tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Produk
yang dihasilkan merupakan LKPD yang dinilai layak oleh ahli validasi. (1) Hasil
penilaian kevlidan ahli materi menunjukkan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata
persentase 89,61% (sangat baik), ahli desain 92,57% (sangat baik), responden guru
sebesar 93,63% (sangat baik), responden peserta didik sebesar 90,72% (sangat baik). (2)
Hasil uji efektivitas LKPD menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan literasi sains
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada aspek sains sebagai batang tubuh, sains
sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berpikir dan interaksi sains, sosial dan
teknologi dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, dan uji n-gain kelas eksperimen dengan
hasil efektivitas 0,49 (kategori sedang) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk
penelitian pengembangan LKPD Ekosistem berbasis Literasi Sains sebagai bahan ajar
siswa SMA yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai LKPD biologi dikelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577 Sya p |
Keywords: | LKPD, Literasi Sains, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:15 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56408 |