Sihite, Renaldo Royen (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Kelas X TKR di SMKS Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2020/ 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163121024 COVER.pdf
Download (314kB)
2. NIM. 5163121024 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5163121024 ABSTRACT.pdf
Download (570kB)
4. NIM. 5163121024 PREFACE.pdf
Download (563kB)
5. NIM. 5163121024 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (659kB)
6. NIM. 5163121024 TABLE.pdf
Download (656kB)
7. NIM. 5163121024 ILLUSTRATION.pdf
Download (658kB)
8. NIM. 5163121024 APPENDICES.pdf
Download (379kB)
9. NIM. 5163121024 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
13. NIM. 5163121024 CHAPTER V.pdf
Download (561kB)
14. NIM. 5163121024 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (924kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gambar teknik dengan aplikasi berbasis android yang berisi kompetensi dasar mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D) berdasarkan aturan gambar proyeksi pada gambar teknik untuk siswa kelas X TKR SMK dan mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran berbasis android berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, praktisi dan siswa. Tujuan Penelitian, yaitu (1) mengembangkan media berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKS YAPIM Biru-biru. (2) mengetahui kelayakan media berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKS YAPIM Biru-biru. (3) mengetahui kepraktisan media berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKS YAPIM Biru-biru. (4) mengetahui keefektifan media berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKS YAPIM Biru-biru.
Jenis penelitian pengembangan ini adalah prosedur pengembangan ADDIE dilakukan melalui 5 tahap yaitu (a). tahap analisis, (b). tahap perencanan ,(c). tahap pengembangan, (d). tahap implementasi (penerapan) dan, (e). tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Hasil analisis validasi media pembelajaran gambar teknik berbasis android sebesar 0,93 tergolong pada kategori validitas tinggi dan layak digunakan. (2) Hasil analisis kepraktisan diperoleh 97% peserta didik memberikan respon sangat positif dan 3% peserta didik memberikan respon positif. Begitupun dengan respon guru 100% guru memberikan respon sangat positif, sehingga media pembelajaran gambar teknik berbasis android yang dikembangkan dikatakan praktis. (3) Hasil analisis keefektifan pada analisis taraf signifikan pada uji-t 1 signifikan diperoleh < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan media pembelajaran berbasis android efektif terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; Media berbasis Android |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:42 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56387 |