Simehate. W, Nia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA N 1 BUKIT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4173321033_Cover.pdf
Download (99kB)
4173321033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (438kB)
4173321033_Abstrak.pdf
Download (84kB)
4173321033_Kata_Pengantar.pdf
Download (216kB)
4173321033_Daftar_Isi.pdf
Download (128kB)
4173321033_Daftar_Gambar.pdf
Download (136kB)
4173321033_Daftar_Tabel.pdf
Download (63kB)
4173321033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
4173321033_BAB_I.pdf
Download (336kB)
4173321033_BAB_V.pdf
Download (112kB)
4173321033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah pada materi Usaha dan Energi di SMAN 1 bukit yang memenuhi kriteria persyaratan instrumen tes yang baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model modifikasi ADDIE. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas XI IPA I yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data dari aspek validasi isi instrumen tes oleh tim ahli diperoleh sebanyak 10 butir soal valid dari 10 soal yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian lapangan diperoleh Reliabilitas sebesar 0,894 (berada pada kategori tinggi). Pada aspek tingkat kesukaran dari sepuluh soal berada pada rentang 0,5-0,8 dimana lima soal berada pada kategori mudah, tiga soal berada pada sedang dan dua soal berada pada kategori sukar. Daya pembeda pada instrumen tes ini berada pada rentang 0,028-0,423 dimana tiga soal berada pada kategori jelek, empat soal berada pada kategori cukup, dua soal berada pada kategori baik dan satuu soal berada pada kategori baik sekali. Hasil uji respon diketahui bahwa sebanyak 83% responden menyatakan setuju instrumen tes ini dikategorikan baik untuk digunakan. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi syarat instrumen tes yang baik meliputi validitas, uji respon, dan analisis butir soal. Sehingga, instrumen tes layak digunakan untuk melatih dan mengukur keterampilan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan instrumen; Keterampilan pemecahan masalah; Usaha dan energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 06 May 2024 07:04 |
Last Modified: | 06 May 2024 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56371 |