PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA DELI MURNI BANDAR BARU

Gurusinga, Jhon Veri (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA DELI MURNI BANDAR BARU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4163141019_Cover.pdf] Text
4163141019_Cover.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4163141019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163141019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of 4163141019_Abstrak.pdf] Text
4163141019_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4163141019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163141019_Kata_Pengantar.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of 4163141019_Daftar_Isi.pdf] Text
4163141019_Daftar_Isi.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4163141019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4163141019_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4163141019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4163141019_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4163141019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4163141019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4163141019_BAB_I.pdf] Text
4163141019_BAB_I.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 4163141019_BAB_V.pdf] Text
4163141019_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4163141019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163141019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media video pada materi sistem ekskresi di SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru kelas XI IPA. Subjek penelitian ini terdiri dari 70 sampel. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimental research). Hasil penelitian pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media video berpengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru dengan terjadinya peningkatan aktivitas belajar dari kategori baik menjadi sangat baik, disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pada materi sistem ekskresi di SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru kelas XI IPA berpengaruh signifikan pada hasil belajar kognitif siswa dengan terjadinya peningkatan nilai postes lebih tinggi di kelas eksperimen di bandingkan kelas kontrol yaitu 85,42 > 63,42 dengan uji nilai T (hipotesis) yang menunjukan 0,000 < 0,05,disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 06 May 2024 04:47
Last Modified: 06 May 2024 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56350

Actions (login required)

View Item
View Item