Marbun, Putra Jalani (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dasar - Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMKN 1 Simpat Rube. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163311022 COVER.pdf
Download (300kB)
2. NIM. 5163311022 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5163311022 ABSTRACT.pdf
Download (839kB)
4. NIM. 5163311022 PREFACE.pdf
Download (853kB)
5. NIM. 5163311022 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. NIM. 5163311022 TABLES.pdf
Download (828kB)
7. NIM. 5163311022 ILLUSTRATION.pdf
Download (458kB)
8. NIM. 5163311022 APPENDICES.pdf
Download (731kB)
9. NIM. 5163311022 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM. 5163311022 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM. 5163311022 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Terbimbing terhadap hasil belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi bangunan (DPIB) SMKN 1 Simpat Rube. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Simpat Rube. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X DPIB adalah 40 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas DPIB 1 berjumlah 20 siswa sebagai eksperimen dan kelas X DPIB 2 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen atau teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice 20 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, relibilitas tes, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran Direct Instruction. Hal ini dilihat dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebesar 82,00 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction sebesar 66,25. Selain itu pengaruh lebih baik model pembelajaran Inkuiri terbimbing juga dibuktikan dengan analisis statistik dengan uji t satu pihak yang menunjukkan nilai thitung 5,3104 > ttabel 2,0252.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:56 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56319 |