Hamzahas, Muhammad Ali (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 19 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191121016_Cover.pdf
Download (135kB)
4191121016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (529kB)
4191121016_Abstrak.pdf
Download (370kB)
4191121016_Kata_Pengantar.pdf
Download (369kB)
4191121016_Daftar_Isi.pdf
Download (179kB)
4191121016_Daftar_Gambar.pdf
Download (193kB)
4191121016_Daftar_Tabel.pdf
Download (416kB)
4191121016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (199kB)
4191121016_BAB_I.pdf
Download (481kB)
4191121016_BAB_V.pdf
Download (144kB)
4191121016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (146kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran problem posing kelas XI SMA Negeri 19 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA semester II yang terdiri dari 10 kelas pararel yang berjumlah 328 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI 1A sebanyak 30 orang Sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI 1B sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan soal-soal tes yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda yang telah divalidasi dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan effect size untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran problem posing.
Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 54,83 dan 53,83. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelas menyatakan bahwa kedua data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikan (�=0,05) diperoleh thitung < ttabel (0,40 < 2,00), maka data pretest dari kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem posing dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata 75,33 dan 64,33, dilakukan uji t satu pihak dengan taraf signifikan (�=0,05) diperoleh �ℎ����� > ������ (3,99 > 2,00) maka �� diterima dan �0 ditolak. Hasil obseravsi Akivitas belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 65,88 yang termasuk kedalam kategori cukup aktif. Hasil uji effect size diperoleh 0,8 < 0,9 < 1,3 dengan kategori tinggi, hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh model problem posing terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan gelombang bunyi di SMA Negeri 19 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas belajar peserta didik; Gelombang bunyi; Nilai rata-rata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:56 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56318 |