PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 19 MEDAN

Hamzahas, Muhammad Ali (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 19 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191121016_Cover.pdf] Text
4191121016_Cover.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4191121016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 4191121016_Abstrak.pdf] Text
4191121016_Abstrak.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4191121016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121016_Kata_Pengantar.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4191121016_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121016_Daftar_Isi.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4191121016_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121016_Daftar_Gambar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4191121016_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121016_Daftar_Tabel.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 4191121016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4191121016_BAB_I.pdf] Text
4191121016_BAB_I.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 4191121016_BAB_V.pdf] Text
4191121016_BAB_V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4191121016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran problem posing kelas XI SMA Negeri 19 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA semester II yang terdiri dari 10 kelas pararel yang berjumlah 328 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI 1A sebanyak 30 orang Sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI 1B sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan soal-soal tes yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda yang telah divalidasi dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan effect size untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran problem posing.
Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 54,83 dan 53,83. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelas menyatakan bahwa kedua data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikan (�=0,05) diperoleh thitung < ttabel (0,40 < 2,00), maka data pretest dari kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem posing dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata 75,33 dan 64,33, dilakukan uji t satu pihak dengan taraf signifikan (�=0,05) diperoleh �ℎ����� > ������ (3,99 > 2,00) maka �� diterima dan �0 ditolak. Hasil obseravsi Akivitas belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 65,88 yang termasuk kedalam kategori cukup aktif. Hasil uji effect size diperoleh 0,8 < 0,9 < 1,3 dengan kategori tinggi, hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh model problem posing terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan gelombang bunyi di SMA Negeri 19 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas belajar peserta didik; Gelombang bunyi; Nilai rata-rata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 02:56
Last Modified: 06 May 2024 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56318

Actions (login required)

View Item
View Item