Pengembangan Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik

Dalimunthe, Novi Mariani (2021) Pengembangan Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5172131006 COVER.pdf] Text
1. 5172131006 COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 2. 5172131006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. 5172131006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 3. 5172131006 KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. 5172131006 KATA PENGANTAR.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4. 5172131006 ABSTRAK.pdf] Text
4. 5172131006 ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 5. 5172131006 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. 5172131006 DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 6. 5172131006 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
6. 5172131006 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 7. 5172131006 DAFTAR TABEL.pdf] Text
7. 5172131006 DAFTAR TABEL.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8. 5172131006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. 5172131006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 9. 5172131006 BAB I.pdf] Text
9. 5172131006 BAB I.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 13. 5172131006 BAB V.pdf] Text
13. 5172131006 BAB V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 14. 5172131006 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. 5172131006 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan produk Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dan menguji kelayakan pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik yang dikembangkan bagi siswa dan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Dwiwarna Medan kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode R&D atau dikenal dengan metode Research and Development dan model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementasi and Evaluation (ADDIE).
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi ahli media dan hasil validasi ahli materi pada pengembangan pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Dwiwarna Medan maka media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo dengan memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rata-rata 3.3 (Sangat Layak) dan hasil penilaian validasi ahli materi memperoleh Rata-rata 3,28 (layak) dengan kategori layak dan untuk kelayakan oleh pengguna (user) tidak dilakukan oleh peneliti karna coVid 19 dimana pemerintah melarang sekolah untuk melakukan proses pembelajaran secara tatap muka. Dengan demikian pengembangan pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik sudah diketahui tingkat kelayakanya dan berdasarkan data yang didapat bahwa tahap implementasi menggunakan pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo suah bisa dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Pembelajaran E-Learning; Edmodo; Instalasi Penerangan Listik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 May 2024 02:18
Last Modified: 06 May 2024 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56309

Actions (login required)

View Item
View Item