Helmi, Neni Awalia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141121012 COVER.pdf
Download (365kB)
2. NIM. 5141121012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM. 5141121012 ABSTRACT.pdf
Download (649kB)
4. NIM. 5141121012 PREFACE.pdf
Download (674kB)
5. NIM. 5141121012 TABEL OF CONTETN.pdf
Download (456kB)
6. NIM. 5141121012 ILLUSTRATION.pdf
Download (799kB)
7. NIM. 5141121012 TABELS.pdf
Download (358kB)
8. NIM 5141131012 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
12. NIM 5141131012 CHAPTER V.pdf
Download (832kB)
13. NIM 5141131012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (682kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora Inspaire pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XI di SMK Negeri 2 Medan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XI di SMK Negeri 2 Medan. Penlitian ini direncanakan dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 2 Medan. Akan tetapi penelitian ini dilakukan hanya sampai tiga tahap dikarenakan dengan adanya pandemi virus Covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah untuk meniadakan pembelajaran disekolah secara langsung . Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan Teknik Intalasi berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dengan menggunakan 5 pilihan jawaban untuk ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini diketahui : (1) Analisis, Penulis melakukan wawancara terhadap beberapa guru bidang studi dan beberapa siswa di SMK Negeri 2 Medan, dari wawancara tersebut penulis mengetahui bahwa cara penyampaian guru dalam proses belajar mengajar terhadap siswa masih menggunakan media berupa buku serta papan tulis spidol dan power poitn sebagai sarana pendukung. (2) Desain, Pada tahap ini, dilakukan penetuan konsep media interaktif yang akan dirancang.Pembuatan skesta produk ini dilakukan berdasarkan tahap pendefisnian sebelumnya. Sketsa produk yang baik diharapkan akan menarik minat siswa untuk menggunakan produk pengembangan dalam pembelajaran. Biasanya cara Title Wizard bagi pengguna pemula. Template, hanya sebatas tombo-tombol navigasi, biasanya digunakan oleh pengembang yang sudah agak mahir. Blank Title, cara untuk membuat Title tanpa pilihan style dan bantuan Wizard. Biasanya digunakan oleh pengembang yang sudah mahir menggunakan software Lectora.(3)Evaluasi, Pada tahap evaluasi ini, Media yang telah dikembangkan pada penelitian ini akan di revisi sesuai dengan masukan dari validator. Setelah itu media kembali diuji kemudian direvisi kembali sampai menghasilkan produk akhir yang sesuai dengan kriteria. kegiatan yang dilakukan adalah pembahasan terhadap hasil validasi dari reviewer ahli media dan reviewer ahli materi serta pembahasan hasil penilaian. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis Aplikasi Lectora Inspire dalam mata pelajaran Instalasi Motor Listrik SMK N 2Medan.
Berdasarkan data validasi yang diisi oleh ahli media dan ahli materi sebagai Validator, maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai pembelajaran dengan dibuktikan dengan nilai skor 4,53 (Sangat Baik dan Sangat Layak) dari ahli media dan skor 4,26 (Sangat Baik dan Layak) dari ahli materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; LECTORA INSPIRE; Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 01:45 |
Last Modified: | 06 May 2024 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56300 |