SALOMO, HARRIS CHRISTIAN (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR MAHASISWADAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7163143010_Cover.pdf
Download (57kB)
7163143010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (914kB)
7163143010_Kata_Pengantar.pdf
Download (207kB)
7163143010_Abstrak.pdf
Download (67kB)
7163143010_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
7163143010_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
7163143010_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
7163143010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
7163143010_BAB_I.pdf
Download (448kB)
7163143010_BAB_V.pdf
Download (93kB)
7163143010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh gaya pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa yang terdaftar di program studi Pendidikan Bisnis dengan stambuk tahun 2020, yang merupakan bagian integral dari Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, khususnya dalam lingkup Program Studi Pendidikan Bisnis. Populasi penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis dengan stambuk tahun 2020, yang berjumlah sebanyak 63 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode total sampling, maka total sampel yang terlibat pada riset ini juga sebanyak 63 mahasiswa. Sementara untuk pengumpulan data penelitian diperoleh dari angket dan daftar nilai siswa.
Hasil analisis data membuktikan bahwa pada penelitian ini, ada sebuah persamaan regresi linear berganda yang bisa dirumuskan menjadi: Y = 40,749 + 0,122X1 + 0,437X2 + e. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel gaya belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kemudian, pengujian secara parsial (Uji t) untuk menguji hipotesis antara gaya belajar dan prestasi belajar mahasiswa menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 4,744, yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,671, dengan signifikansi sebesar 0,000. Begitupun dengan uji hipotesis antara pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar mahasiswa, yang menunjukkan nilai thitung sebesar 8,146, juga lebih besar dari ttabel sebesar 1,671, dengan signifikansi 0,000. Uji F juga menghasilkan nilai Fhitung sebesar 48,845, yang juga lebih besar dari Ftabel sebesar 3,15, dengan signifikansi 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama (secara simultan), gaya belajar dan pemanfaatan sumber belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 12:52 |
Last Modified: | 05 May 2024 12:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56284 |