PENGARUH GAYA BELAJAR MAHASISWADAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SALOMO, HARRIS CHRISTIAN (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR MAHASISWADAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7163143010_Cover.pdf] Text
7163143010_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7163143010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7163143010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of 7163143010_Kata_Pengantar.pdf] Text
7163143010_Kata_Pengantar.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 7163143010_Abstrak.pdf] Text
7163143010_Abstrak.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 7163143010_Daftar_Isi.pdf] Text
7163143010_Daftar_Isi.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 7163143010_Daftar_Tabel.pdf] Text
7163143010_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 7163143010_Daftar_Gambar.pdf] Text
7163143010_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 7163143010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7163143010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 7163143010_BAB_I.pdf] Text
7163143010_BAB_I.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 7163143010_BAB_V.pdf] Text
7163143010_BAB_V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 7163143010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7163143010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh gaya pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa yang terdaftar di program studi Pendidikan Bisnis dengan stambuk tahun 2020, yang merupakan bagian integral dari Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, khususnya dalam lingkup Program Studi Pendidikan Bisnis. Populasi penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis dengan stambuk tahun 2020, yang berjumlah sebanyak 63 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode total sampling, maka total sampel yang terlibat pada riset ini juga sebanyak 63 mahasiswa. Sementara untuk pengumpulan data penelitian diperoleh dari angket dan daftar nilai siswa.
Hasil analisis data membuktikan bahwa pada penelitian ini, ada sebuah persamaan regresi linear berganda yang bisa dirumuskan menjadi: Y = 40,749 + 0,122X1 + 0,437X2 + e. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel gaya belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kemudian, pengujian secara parsial (Uji t) untuk menguji hipotesis antara gaya belajar dan prestasi belajar mahasiswa menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 4,744, yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,671, dengan signifikansi sebesar 0,000. Begitupun dengan uji hipotesis antara pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar mahasiswa, yang menunjukkan nilai thitung sebesar 8,146, juga lebih besar dari ttabel sebesar 1,671, dengan signifikansi 0,000. Uji F juga menghasilkan nilai Fhitung sebesar 48,845, yang juga lebih besar dari Ftabel sebesar 3,15, dengan signifikansi 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama (secara simultan), gaya belajar dan pemanfaatan sumber belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Gaya Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 12:52
Last Modified: 05 May 2024 12:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56284

Actions (login required)

View Item
View Item