PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

ZAHARA, HANINA NUR (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7171143016_Cover.pdf] Text
7171143016_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 7171143016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7171143016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 7171143016_Kata_Pengantar.pdf] Text
7171143016_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 7171143016_Abstrak.pdf] Text
7171143016_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7171143016_Daftar_Isi.pdf] Text
7171143016_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 7171143016_Daftar_Tabel.pdf] Text
7171143016_Daftar_Tabel.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 7171143016_Daftar_Gambar.pdf] Text
7171143016_Daftar_Gambar.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 7171143016_BAB_I.pdf] Text
7171143016_BAB_I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 7171143016_BAB_V.pdf] Text
7171143016_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 7171143016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7171143016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya minat berwirausaha belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Rumus Slovin. Sehingga jumlah sampel sebanyak 132 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert.
Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y = 16,794 + 0,381X1 + 0,446X2+e, berarti ada pengaruh positif dan signifikan variabel Lingkungan Keluarga, dan Motivasi belajar terhadap Minat Belajar siswa. Pengujian secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar menunjukan nilai thitung 4,646 > ttabel sebesar 1,656 dengan sig 0,000, untuk uji hipotesis antara motivasi belajar terhadap minat belajar menunjukkan nilai thitung 5,148>ttabel sebesar 1,656 dengan sig 0,000, dan uji F diperoleh nilai Fhitung 212,503 > Ftabel 3,07 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis secara simultan antara lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap minat belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,767 atau 76,7 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa sebesar 76,7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Minat Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 12:47
Last Modified: 05 May 2024 12:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56283

Actions (login required)

View Item
View Item