PANGGABEAN, ENDANG KRISTINA (2023) PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMKS BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193343001_Cover.pdf
Download (120kB)
7193343001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (426kB)
7193343001_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
7193343001_Abstrak.pdf
Download (399kB)
7193343001_Daftar_Isi.pdf
Download (191kB)
7193343001_Daftar_Tabel.pdf
Download (137kB)
7193343001_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
7193343001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
7193343001_BAB_I.pdf
Download (836kB)
7193343001_BAB_V.pdf
Download (554kB)
7193343001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (324kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang kurang baik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran (DDP) siswa kelas XI BDP SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan Jl. Platina Raya No.7, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi atau menggunakan metode total sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pendidikan dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar dasar-dasar pemasaran (DDP) siswa kelas XI BDP SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil pengolahan data dan diperoleh regresi berganda Y = 44,801 + 0,377 X1 + 0,237 X2. Selanjutnya variabel biaya pendidikan (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar nilai thitung > ttabel (2,277 > 2,007) dengan nilai sig � (0,027 (2,007>0,05) dan variabel kompetensi guru (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,748 > 2,007) dengan nilai sig � 0,008< 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara biaya pendidikan (X1) dan kompetensi guru (X2) prestasi belajar (Y) siswa pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran (DDP) siswa kelas XI BDP SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2022/2023. Selanjutnya nilai fhitung >ftabel (7,409 > 3,17) dengan nilai signifikan � <0,001 < 0,05. Pengujian hipotesis dapat disimpulkan melalui hasil Rsquare : pengaruh biaya pendidikan dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran (DDP) siswa kelas XI BDP SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2022/2023 sebesar 0,222 atau 22,2% sisanya 77,8 % selanjutnya dipengaruhi oleh pihak lain sehingga hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Biaya Pendidikan, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 13:12 |
Last Modified: | 14 May 2024 13:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56248 |