WAHYU, DWI NUR (2023) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SARANA DAN PRASARANA KELAS XI MPLB SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192144003_Cover.pdf
Download (51kB)
7192144003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (377kB)
7192144003_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
7192144003_Abstrak.pdf
Download (243kB)
7192144003_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
7192144003_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
7192144003_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
7192144003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
7192144003_BAB_I.pdf
Download (653kB)
7192144003_BAB_V.pdf
Download (89kB)
7192144003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (380kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana Kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MPLB dengan jumlah 139 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yang dimana jumlah sampel yang digunakan sebanyak 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Person dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik dan selanjutnya dianalisis uji regresi, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y= 50,759 + 0,290 X1 + 0,166 X2. Hasil uji t untuk Disiplin Belajar (X1) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,757 > 1,983) dengan taraf signifikansi 95% Dengan demikian maka hipotesis pertama diterima. Untuk Lingkungan Belajar (X2) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,403 > 1,983) dengan taraf signifikansi alpha 95% dengan demikian maka hipotesis kedua diterima.
Sementara secara simultan variabel disiplin belajar dan lingkungan belajar siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh Fhitung > Ftabel (9,172 > 3,09) maka hipotesis ketiga diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,342 atau 34,2% terhadap hasil belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar Dan Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 00:36 |
Last Modified: | 14 May 2024 00:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56239 |