Tarigan, Indah Veronika Susanti (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) BERBANTUAN EMODUL DI KELAS XI IPA SMAN 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411024_Cover.pdf
Download (63kB)
4192411024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (377kB)
4192411024_Abstrak.pdf
Download (148kB)
4192411024_Kata_Pengantar.pdf
Download (155kB)
4192411024_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
4192411024_Daftar_Tabel.pdf
Download (116kB)
4192411024_Daftar_Gambar.pdf
Download (117kB)
4192411024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (119kB)
4192411024_BAB_I.pdf
Download (714kB)
4192411024_BAB_V.pdf
Download (187kB)
4192411024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (276kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan e-modul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan yang menjadi subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA-4 SMAN 11 Medan yang berjumlah 35 orang. Objek pada penelitian ini yaitu meneliti penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan e-modul mampu atau tidak mampu dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi trigonometri di kelas XI IPA-4 SMAN 11 Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus, pada siklus I berdasarkan analisis yang dilakukan pada data penelitian menunjukkan siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan belajar ialah 22 siswa (62,85%) sedangkan 13 siswa (37,14%) belum memenuhi kriteria keberhasilan belajar. Siklus I menghasilkan nilai rata-rata kelas 78,66. Selanjutnya, pada siklus yang ke II terjadi peningkatan yakni total siswa yang mecapai kriteria keberhasilan belajar menjadi 31 siswa (88,57%) atau kategori tinggi, meskipun 4 siswa (11,49%) masih belum memenuhi kriteria keberhasilan belajar dan rata-rata kelas 86,38. Pada siklus yang kedua terpenuhi indikator keberhasilan penelitian. Terdapat peningkatan persentase siswa yang berhasil mencapai kriteria keberhasilan belajar klasikal pada tes menjadi kategori sedang dan pada setiap siklus terjadi peningkatan nilai rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan e-modul pada materi trigonometri meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA-4 SMAN 11 Medan tahun ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konsep; siklus; peningkatan; indikator |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 04 May 2024 09:28 |
Last Modified: | 04 May 2024 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56219 |