LUMBANTOBING, TOMI HARTONO (2021) Pengembangan Media Instruksional Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Dan Properti Siswa Kelas XI Bisnis Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Sibolga. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161111051 COVER.pdf
Download (367kB)
2. NIM. 5161111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5161111051 ABSTRAK.pdf
Download (739kB)
4. NIM. 5161111051 KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
5. NIM. 5161111051 DAFTAR ISI.pdf
Download (1MB)
6. NIM. 5161111051 DAFTAR TABEL.pdf
Download (629kB)
7. NIM. 5161111051 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (629kB)
8. NIM. 5161111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (358kB)
9. NIM. 5161111051 BAB I.pdf
Download (3MB)
13. NIM. 5161111051 BAB V.pdf
Download (1MB)
14. NIM. 5161111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (910kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan media instruksional berbasis multimedia inetraktif menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti siswa kelas XI Bisnis Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Sibolga. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sibolga, Jl. Maraden Pangabean NO.18 Sibolga Utara, Kota Sibolga. Dengan jumlah sampel 25 orang siswa kelas XI Bisnis Konstruksi Dan Proerti. Metode penelitian menggunakan metode Research And Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan respon menilai media instruksional menggunakan Adobe Flash CS6 layak digunakan meskipun dengan keefektifan yang rendah sebagai media instruksional berbasis multimedia. Uji kelayakan terhadap media instruksional berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli materi mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,43 dan dinyatakan “Sangat Layak/Baik”, dan pengujian terhadap ahli media mendapatkan rata-rata penilaian 3,8 dan dinyatakan “Layak/Baik”, dan pengujian terhadap ahli desain pembelajaran mendapatkan rata-rata penilaian 3,8 dan dinyatakan “Layak/Baik”. Berdasarkan hasil pengelolaan data sebelum dan sesudah menggunakan media instruksional berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Dan Properti diperoleh keefektifan mencapai peningkatan hasil belajar dengan pre-test dan post-test, yaitu 62,96 < 63,6 dan dinyatakan bahwa media instruksional berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Dan Properti dikategori “Rendah” dan kurang meningkatkan hasil belajar siswa dengan penilaian N-Gain sebesar 0,17. Berdasarkan data hasil belajar melalui tes hasil belajar dengan 15 soal pilihan berganda diperoleh 10 orang kategori “Cukup”, 11 orang kategori “Rendah”, 4 orang kategori “Sangat Rendah”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji keefektifan maka dapat disimpulkan media instruksional berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan rendah keefektifan dan layak dijadikan media instruksional pada materi Menghitung Kebutuhan Bahan Konstruksi Kolom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Instruksional; Media Instruksional Berbasis Multimedia Interaktif; Research And Development (R&D); ADDIE; Estimasi Biaya Konstruksi Dan Properti |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2024 08:30 |
Last Modified: | 03 May 2024 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56209 |