Haliza, Yana (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IV Yayasan Pendidikan MIS Addini T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111030_COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM. 1182111030_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (316kB)
3. NIM. 1182111030_ABSTRAK.pdf
Download (284kB)
4. NIM. 1182111030_KATA PENGANTAR.pdf
Download (197kB)
5. NIM. 1182111030_DAFTAR ISI.pdf
Download (148kB)
6. NIM. 1182111030_DAFTAR TABEL.pdf
Download (116kB)
7. NIM. 1182111030_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (113kB)
8. NIM. 1182111030_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 1182111030_BAB I.pdf
Download (363kB)
13. NIM. 1182111030_BAB V.pdf
Download (241kB)
14. NIM. 1182111030_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru cenderung belum pernah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sendiri serta belum tersedianya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk 1) mengetahui validitas LKPD berbasis discovery learning 2) mengetahui praktikalitas LKPD berbasis discovery learning 3) mengetahui keefektifan LKPD berbasis discovery learning pada tema indahnya keberagaman di negeriku kelas IV berdasarkan hasil uji coba lapangan. Jenis enelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yakni analisis (Analysis), desain (Design), (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Addini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase dari hasil validasi ahli materi
menunjukkan 88% dinyatakan Sangat Layak dan untuk persentase dari hasil
validasi desain LKPD menunjukkan 82% dinyatakan Sangat Layak. Praktikalitas
LKPD diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi pendidikan dengan hasil
persentase 90% dan termasuk kedalam kategori Sangat Praktis. Efektivitas LKPD
pada Pre-test memperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 62% dan setelah
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik
Berbasis Discovery Learning mengalami peningkatan perolehan ketuntasan nilai
Post-test adalah sebesar 90% dengan kriteria ketuntasan “Tuntas” dan “Sangat
Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis
Discovery Learning yang dikembangkan peneliti sangat layak, sangat praktis, dan
sangat efektif digunakan pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas
IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Addini T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; LKPD; Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:17 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56180 |