Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Teknik Pemesinan Bubut Program Keahlian Teknik Pemesinan Kelas XI SMK Swasta Dwiwarna Medan

Nasution, Muhammad Irsaf (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Teknik Pemesinan Bubut Program Keahlian Teknik Pemesinan Kelas XI SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5162121002 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5162121002 COVER.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5162121002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5162121002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5162121002 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM. 5162121002 ABSTRACT.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5162121002 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5162121002 PREFACE.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5162121002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5162121002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5162121002 TABLE.pdf] Text
6. NIM. 5162121002 TABLE.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5162121002 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5162121002 ILLUSTRATION.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5162121002 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5162121002 APPENDICES.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5162121002 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5162121002 CHAPTER I.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5162121002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5162121002 CHAPTER V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5162121002 BIBLIOGHRAPY.pdf] Text
14. NIM. 5162121002 BIBLIOGHRAPY.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif teknik pemesinan bubut program keahlian Teknik Pemesinan kelas XI SMK Swasta Dwiwarna Medan dan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif yang akan dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana ADDIE ini meliputi tahapan analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Pengujian produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Kelayakan produk diukur melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. Serta penilaian produk multimedia pembelajaran interaktif ini juga diujikan kepada pengguna/siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif Teknik Pemesinan Bubut pada kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin bubut dengan hasil pengujian kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,603 dengan kriteria “sangat baik”, Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,338 dengan kriteria “sangat baik”, dan validasi ahli desain pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 4,216 dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan Penilaian yang dilakukan kepada siswa melalui uji coba perorangan diperoleh rata-rata skor sebesar 4,454 dengan interpretasi “akseptansi tinggi”, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,742 dengan interpretasi “akseptansi tinggi”, dan uji coba skala besar mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,805 dengan interpretasi “akseptansi tinggi” Dengan demikian hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar atau referensi pembelajaran mandiri bagi siswa kelas XI teknik Pemesinan bubut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif; Kelayakan Media; Teknik Pemesinan Bubut
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 May 2024 02:06
Last Modified: 03 May 2024 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56175

Actions (login required)

View Item
View Item