Panjaitan, Jeri Krisman Mangasa (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163131019 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM. 5163131019 APPROVAL SHEET.pdf
Download (204kB)
3. NIM. 5163131019 PREFACE.pdf
Download (155kB)
4. NIM. 5163131019 ABSTRACT.pdf
Download (63kB)
5. NIM. 5163131019 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (137kB)
6. NIM. 5163131019 TABLES.pdf
Download (33kB)
7. NIM. 5163131019 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5163131019 APPENDICES.pdf
Download (31kB)
9. NIM. 5163131019 CHAPTER I.pdf
Download (353kB)
13. NIM. 5163131019 CHAPTER V.pdf
Download (86kB)
14. NIM. 5163131019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (214kB)
Abstract
Sikap adalah salah satu istilah bidang psikologi yang berhubungan dengan persepsi dan tingkah laku. Ranah afektif tidak dapat diukur seperti halnya ranah kognitif, karena dalam ranah afektif kemampuan yang diukur adalah menerima (memperhatikan), meliputi kepekaan terhadap kondisi, gejala, kesadaran, kerelaan, mengarahkan perhatian. Pengembangan instrumen penilaian sikap ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam menilai sikap siswa dengan menggunakan instrument penilaian yang efektif. Pengembangan instrumen evaluasi ini ditujukan untuk guru dimana nantinya instrumen evaluasi ini akan membantu guru untuk melakukan penilaian atau evaluasi afektif khususnya pada bagian sikap siswa yang lebih baik lagi dan lebih efektif. Penilaian sikap yang utama dilakukan selama periode satu semester oleh guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran), guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran). Penilaian afektif yang ideal dapat dilakukan menggunakan beberapa teknik: Pertama adalah observasi atau pengamatan, instrumen yang digunakan menggunakan lembar observasi. Kedua, penilaian diri, penilaian ini dilakukan oleh peserta didik sendiri, dalam kaitannya menemukan kelebihan serta kelemahan yang terdapat pada dirinya sendiri. Kurikulum 2013 ini dimana sistem pendidikan Indonesia mulai memandang penting penilaian afektif ini sehingga guru diharuskan menilai afektif siswa dengan instrumen yang telah disediakan oleh kurikulum 2013 untuk menjadikan bahan evaluasi guru selain kognitif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi jurusan Teknik Elktronika Industri (TEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan Research And Development (R&D). Telah dilakukan uji kelayakan instrument oleh tiga ahli. Dari hasil uji kelayakan pada ahli pertama memberikan nilai rata-rata 3,86 dan menyatakan layak digunakan, uji kelayakan instrument pada ahli kedua memberikan nilai rata-rata 2,86 dan menyatakan layak digunakan dengan revisi, uji kelayakan pada ahli ketiga memberikan nilai rata-rata 3,71 dan menyatakan layak digunakan. Dari penilaian ketiga ahli nilai rata-rata yang diberikan sebesar 3,48 dan menyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen Penilaian Sikap; Instrumen; Sikap Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2024 01:59 |
Last Modified: | 03 May 2024 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56174 |