Rumapea, Tumbur P. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141111010 COVER.pdf
Download (132kB)
2. NIM 5141111010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (285kB)
3. NIM 5141111010 ABSTRACT.pdf
Download (391kB)
4. NIM. 5141111010 PREFACE.pdf
Download (118kB)
5. NIM. 5141111010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (175kB)
6. NIM 5141111010 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
7. NIM. 5141111010 TABLES.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5141111010 APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 5141111010 CHAPTER I.pdf
Download (413kB)
13. NIM. 5141111010 CHAPTER V.pdf
Download (181kB)
14. NIM. 5141111010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (136kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran mekanika teknik materi konstruksi rangka batang, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi konstruksi rangka batang dan (4) mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan pada validasi ahli dan penilaian uji coba kelayakan media pada siswa. Hasil pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Konstruksi Rangka Batang diketahui bahwa : (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran mekanika teknik mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan yang telah diadaptasikan menjadi 4P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Produk media yang dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan di SMK Negeri 5 Medan karena telah memenuhi indikator keberhasilan produk.(2) Kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran mekanika teknik didapatkan dari hasil penilaian ahli materi 1, ahli materi 2 dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi 1 dan 2 memperoleh nilai X 81 ˃ 79,78 termasuk pada kriteria “Sangat Layak”, Hasil penilaian ahli media memperoleh nilai X 68 ˃ 67,20 termasuk pada kriteria “Sangat Layak” untuk digunakan di SMK Negeri 5 Medan. Dan untuk Uji Coba Skala kecil pada siswa kelas X DPIB 2 SMK N 5 Medan memperoleh nilai X 48,33 ˃ 48 termasuk pada kriteria “Sangat Layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; media pembelajaran; video animasi; mekanika teknik; konstruksi rangka batang |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2024 01:22 |
Last Modified: | 03 May 2024 01:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56168 |