Effendi, Luthfiah Husnah (2021) Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid – 19 Terhadap Sikap Siswa SMK di Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5171131008 COVER.pdf
Download (179kB)
2. NIM. 5171131008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (376kB)
3. NIM. 5171131008 PREFACE.pdf
Download (285kB)
4. NIM. 5171131008 ABSTRACT.pdf
Download (268kB)
5. NIM. 5171131008 TABEL OF CONTENT.pdf
Download (204kB)
6. NIM. 5171131008 TABELS.pdf
Download (174kB)
7. NIM. 5171131008 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
8. NIM. 5171131008 CHAPTER I.pdf
Download (345kB)
12. NIM. 5171131008 CHAPTER V.pdf
Download (230kB)
13. NIM. 5171131008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (268kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring
selama pandemi covid – 19 terhadap sikap siswa SMK di kota medan. Pertanyaan
yang ingin di jawab dari penelitian ini adalah :bagaimana dampak pembelajaran
daring selama pandemi covid – 19 terhadap sikap siswa SMK di Kota Medan ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah
1 orang guru 1 orang siswa SMK Swasta Imelda Medan dan 1 orang guru 1 orang
siswa SMK Swasta Dwiwarna Medan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan
dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bentuk
pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah tersebut menggunakan media online,
seperti Google Classroom, Google Meet, Google Form, dan Whatsapp Grup, edmodo
sebagai sarana prasarana dalam komunikasi antar siswa dan guru. Melalui
pembelajaran daring yaitu menggunakan akses internet yang dapat dilaksanakan
tanpa ada batasan ruang dan waktu. Dampak pembelajaran daring selama pandemi
covid–19 terhadap sikap siswa SMK di kota medan yaitu terdapat sikap positif siswa
dalam pembelajaran daring adalah siswa memiliki banyak waktu dirumah bersama
keluarga, metode belajar yang diterapkan oleh guru juga variatif, anak peka dan
beradaptasi dengan perubahan system pembelajaran, siswa lebih mengeksplorasi
teknologi atau siswa semakin aktif lagi menggunakan smartphonenya. Namun dibalik
sikap positif siswa tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat juga sikap negative siswa
dalam pembelajaran daring adalah adanya rasa tanggung jawab yang menurun seperti
telatnya menggumpulkan tugas atau penurunan capaian belajar, kurangnya keaktifan
siswa dalam pembelajaran, adanya ketergantungan siswa yang harus memiliki
Smartphone dan kuota internet jika ingin belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Daring; Pandemi; Covid-19 |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 02 May 2024 09:54 |
Last Modified: | 02 May 2024 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56165 |