PANJAITAN, IGA EFINEPRIN (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU IDENTIFIKASI HEWAN VERTEBRATA KOLEKSI KEBUN BINATANG SIANTAR DALAM MEMBANTU SISWA MENGENAL BERBAGAI JENIS HEWAN VERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA N 1 LAUBALENG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4173341031_Cover.pdf
Download (6MB)
4173341031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (6MB)
4173341031_Abstrak.pdf
Download (6MB)
4173341031_Kata_Pengantar.pdf
Download (6MB)
4173341031_Daftar_Isi.pdf
Download (6MB)
4173341031_Daftar_Gambar.pdf
Download (6MB)
4173341031_Daftar_Tabel.pdf
Download (6MB)
4173341031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (6MB)
4173341031_BAB_I.pdf
Download (6MB)
4173341031_BAB_V.pdf
Download (6MB)
4173341031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penilaian berdasarkan penilaian para ahli, diantaranya ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan peserta didik terhadap buku saku identifikasi hewan vertebrata yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan peserta didik kelas X IPA 1 SMA N 1 Laubaleng sebanyak 31 orang. Objek penelitian ini adalah buku saku identifikasi hewan-hewan vertebrata koleksi kebun binatang siantar. Penelitian buku saku identifikasi hewan-hewan vertebrata koleksi kebun binatang siantar termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Pengembangan buku saku ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai pada tahap development, sehingga tahap pengembangannya memiliki 3 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (Perancangan), dan development (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian oleh ahli media dikategorikan sangat layak, penilaian oleh ahli pembelajaran dikategorikan sangat layak, penilaian oleh ahli materi dikategorikan layak, penilaian guru dikategorikan sangat layak dan hasil respon peserta didik dikategorikan sangat layak. Keseluruhan aspek dalam buku saku yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai sumber informasi untuk membantu siswa dalam mengenal berbagai jenis hewan vertebrata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Vertebrata; Guru; Peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56140 |