PENGEMBANGAN BUKU SAKU IDENTIFIKASI HEWAN VERTEBRATA KOLEKSI KEBUN BINATANG SIANTAR DALAM MEMBANTU SISWA MENGENAL BERBAGAI JENIS HEWAN VERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA N 1 LAUBALENG

PANJAITAN, IGA EFINEPRIN (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU IDENTIFIKASI HEWAN VERTEBRATA KOLEKSI KEBUN BINATANG SIANTAR DALAM MEMBANTU SISWA MENGENAL BERBAGAI JENIS HEWAN VERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA N 1 LAUBALENG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4173341031_Cover.pdf] Text
4173341031_Cover.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173341031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Abstrak.pdf] Text
4173341031_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173341031_Kata_Pengantar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Daftar_Isi.pdf] Text
4173341031_Daftar_Isi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173341031_Daftar_Gambar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173341031_Daftar_Tabel.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173341031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_BAB_I.pdf] Text
4173341031_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_BAB_V.pdf] Text
4173341031_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4173341031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173341031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penilaian berdasarkan penilaian para ahli, diantaranya ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan peserta didik terhadap buku saku identifikasi hewan vertebrata yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan peserta didik kelas X IPA 1 SMA N 1 Laubaleng sebanyak 31 orang. Objek penelitian ini adalah buku saku identifikasi hewan-hewan vertebrata koleksi kebun binatang siantar. Penelitian buku saku identifikasi hewan-hewan vertebrata koleksi kebun binatang siantar termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Pengembangan buku saku ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai pada tahap development, sehingga tahap pengembangannya memiliki 3 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (Perancangan), dan development (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian oleh ahli media dikategorikan sangat layak, penilaian oleh ahli pembelajaran dikategorikan sangat layak, penilaian oleh ahli materi dikategorikan layak, penilaian guru dikategorikan sangat layak dan hasil respon peserta didik dikategorikan sangat layak. Keseluruhan aspek dalam buku saku yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai sumber informasi untuk membantu siswa dalam mengenal berbagai jenis hewan vertebrata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Vertebrata; Guru; Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 07:11
Last Modified: 02 May 2024 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56140

Actions (login required)

View Item
View Item