PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI GELOMBANG MEKANIK SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Sari, Windi Laila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI GELOMBANG MEKANIK SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121028_Cover.pdf] Text
4191121028_Cover.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4191121028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4191121028_Abstrak.pdf] Text
4191121028_Abstrak.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4191121028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121028_Kata_Pengantar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4191121028_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121028_Daftar_Isi.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4191121028_BAB_I.pdf] Text
4191121028_BAB_I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4191121028_BAB_V.pdf] Text
4191121028_BAB_V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4191121028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang membuat hasil belajar fisika rendah dikarenakan kurangnya keterampilan pemecahan masalah siswa dan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan PhET
Simulation terhadap keterampilan pemecahan masalah materi gelombang mekanik. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan desain penelitian pretest dan posttest control group design dengan populasi seluruh siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling yaitu kelas XI-3 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan PhET Simulation dan kelas XI-5 pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes essay dengan jumlah 8 soal yg sudah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis (uji t) yang sebelumnya digunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan perhitungan hasil uji hipotesis di dapat thitung ˃ ttabel yaitu 8,23 ˃ 0,227 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan pemecahahan masalah siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 2 Sar p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Simulasi PhET; Keterampilan pemecahan masalah; Gelombang mekanik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 May 2024 04:06
Last Modified: 02 May 2024 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56113

Actions (login required)

View Item
View Item