Saputra, Doli (2020) Pengaruh Kreativitas Belajar dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktek Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161131011 COVER.pdf
Download (117kB)
2. NIM 5161131011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (667kB)
3. NIM. 5161131011 ABSTRACT.pdf
Download (212kB)
4. NIM. 5161131011 PREFACE.pdf
Download (293kB)
5. NIM. 5161131011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (164kB)
6. NIM. 5161131011 TABLE.pdf
Download (111kB)
7. NIM. 5161131011 ILUSTRATION.pdf
Download (109kB)
8. NIM. 5161131011 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
9. NIM. 5161131011 CHAFTER I.pdf
Download (534kB)
13. NIM. 5161131011 CHAFTER V.pdf
Download (233kB)
14. NIM. 5161131011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (237kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Dimana kreativitas belajar dan intensitas belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan dilingkungan Fakultas Teknik Prodi Pendidikan Teknik Elektro di dapat informasi bahwa nilai mata kuliah praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik masih tergolong rendah. Dimana dari prestasi belajar yang di raih sedikitnya mahasiswayang mendsapat nilai A dan masih adanya mahasiswa yang mendapat nilai C dan E. Instrument yang digunakan untuk mengukur kreativitas belajar dan intensitas belajar berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah uji validitas untuk variabel X1 dilakukan dengan 30 instrumen hasilnya 20 instrumen soal variabel kreativitas belajar valid dan untuk variabel X2 dilakukan dengan 30 instrumen hasilnya 21 instrumen soal variabel intensitas belajar valid. Untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil r hitung > r tabel 0,834 > 0.444 untuk kreativitas belajar, r hitung > r tabel 0,697 > 0.444 untuk intensitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan : 1) terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik, hal ini ditunjukkan dari persamaan garis regresi non linear model quadratik yaitu 383,359 – 9,100 X1 + 0,0682. Untuk uji t thitung > t tabel sebesar 4,301 > 1.670 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan koefesien determinasi sebesar 0,284 atau 28,4%. 2) terdapat pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik, hal ini di tunjukkan dari persamaan garis regresi sederhana 32,841 + 0,768 Untuk uji t thitung > t tabel sebesar 4,934 > 1.670 dan nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan koefesien determinasi sebesar 0,279 atau 27,9%. 3) terdapat pengaruh kreativitas belajar dan intensitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y= 29,984 + 0,113 (X1) + 0,609 (X2). Uji f diperoleh f hitung sebesar 12,433 sedangkan f tabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,14 berarti f hitung > f tabel (12,433 > 3,14) dan koefesien determinasi sebesar 0,286 atau 28,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas belajar; Intensitas Belajar; dan Prestasi Belajar Praktek Penggunaan; Pengaturan Motor Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:40 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56105 |