Padang, Indra Rizal (2021) ANALISA GEOMETRI RUAS JALAN DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Diploma thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163210023 COVER.pdf
Download (225kB)
2. NIM 5163210023 APPROVAL SHEET.pdf
Download (452kB)
3. NIM. 5163210023 ABSTRACK.pdf
Download (393kB)
4. NIM. 5163210023 PREFACE.pdf
Download (317kB)
5. NIM. 5163210023 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (233kB)
6. NIM. 5163210023 ILLUSTRATION.pdf
Download (206kB)
7. NIM. 5163210023 TABLE.pdf
Download (302kB)
8. NIM. 5163210023 NOTATION.pdf
Download (369kB)
9. NIM. 5163210023 CHAPTER I.pdf
Download (437kB)
12. NIM. 5163210023 CHAPTER IV.pdf
Download (324kB)
13. NIM. 5163210023 BIBLIOGRAPY.pdf
Download (112kB)
Abstract
Jalan merupakan tempat melintasnya transportasi darat yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jalan air bersih merupakan salah satu jalan penghubung antara kabupaten Pakpak Bharat-Dairi yang terdapat Tikungan gabungan balik arah serta terdapat jurang pada sisi jalan. Oleh sebab itu, oleh sebab itu jalan di wilayah tersebut sangat rawan kecelakaan. Dan untuk itu jalan dari kabupaten Pakpak Bharat – Dairi perlu dilakukan perbaikan alinyemen. Penelitian evaluasi geometrik dianalisis menggunakan data yang diperoleh dengan melakukan survei untuk mengetahui kondisi jalan. Data yang dibutuhkan berupa data elevasi, data jarak stasiun beserta titik – titik penting, data jarak pandang henti, dan data kecepatan. Selanjutnya dibandingkan dengan standar Ditjen Bina Marga (1997) yang kemudian dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan geometrik berdasarkan alinyemen horisontal, alinyemen vertikal, dan koordinasi alinyemen. Kondisi geometrik yang ditinjau dibandingkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Ditjen Bina Marga (1997). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, diperoleh kondisi geometrik jalan berupa tikungan gabungan balik, Kecepatan dilapangan didapat sebesar 27 km/jam, sedangkan untuk kecepatan ideal pada jalan arteri kelas III yaitu 40 km/jam. bentuk lengkung horizontal yang diukur di lapangan merupakan jenis tikungan tipe full – circle dengan jari-jari minimum untuk kecepatan lapangan 27 km/jam adalah Rc = 56,66 m dan Ls = 21 m. Sesuai dengan Tabel 3.3, nilai jari-jari minimum untuk kecepatan lapangan 27 km/jam adalah 95 m dan untuk kecepatan rencana 40 km/jam adalah 250 m.Kemiringan tikungan pada lapangan yang ditunjukan melalui diagram superelevasi adalah sebesar 7,5 %. Hal ini menunjukan kemiringan di lapangan sudah sesuai karena nilai superelevasi maksimum yaitu sebesar 10 %.Usulan perbaikan yang direkomendasikan yaitu rehabilitas rambu rambu jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Keywords: | Geometrik Eksisting; Ditjen Bina Marga (1997) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:20 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56098 |