ANALISA GEOMETRI RUAS JALAN DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Padang, Indra Rizal (2021) ANALISA GEOMETRI RUAS JALAN DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Diploma thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5163210023 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5163210023 COVER.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 2. NIM 5163210023 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5163210023 APPROVAL SHEET.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5163210023 ABSTRACK.pdf] Text
3. NIM. 5163210023 ABSTRACK.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5163210023 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5163210023 PREFACE.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5163210023 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5163210023 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5163210023 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 5163210023 ILLUSTRATION.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5163210023 TABLE.pdf] Text
7. NIM. 5163210023 TABLE.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5163210023 NOTATION.pdf] Text
8. NIM. 5163210023 NOTATION.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5163210023 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5163210023 CHAPTER I.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5163210023 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5163210023 CHAPTER IV.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5163210023 BIBLIOGRAPY.pdf] Text
13. NIM. 5163210023 BIBLIOGRAPY.pdf

Download (112kB)

Abstract

Jalan merupakan tempat melintasnya transportasi darat yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jalan air bersih merupakan salah satu jalan penghubung antara kabupaten Pakpak Bharat-Dairi yang terdapat Tikungan gabungan balik arah serta terdapat jurang pada sisi jalan. Oleh sebab itu, oleh sebab itu jalan di wilayah tersebut sangat rawan kecelakaan. Dan untuk itu jalan dari kabupaten Pakpak Bharat – Dairi perlu dilakukan perbaikan alinyemen. Penelitian evaluasi geometrik dianalisis menggunakan data yang diperoleh dengan melakukan survei untuk mengetahui kondisi jalan. Data yang dibutuhkan berupa data elevasi, data jarak stasiun beserta titik – titik penting, data jarak pandang henti, dan data kecepatan. Selanjutnya dibandingkan dengan standar Ditjen Bina Marga (1997) yang kemudian dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan geometrik berdasarkan alinyemen horisontal, alinyemen vertikal, dan koordinasi alinyemen. Kondisi geometrik yang ditinjau dibandingkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Ditjen Bina Marga (1997). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, diperoleh kondisi geometrik jalan berupa tikungan gabungan balik, Kecepatan dilapangan didapat sebesar 27 km/jam, sedangkan untuk kecepatan ideal pada jalan arteri kelas III yaitu 40 km/jam. bentuk lengkung horizontal yang diukur di lapangan merupakan jenis tikungan tipe full – circle dengan jari-jari minimum untuk kecepatan lapangan 27 km/jam adalah Rc = 56,66 m dan Ls = 21 m. Sesuai dengan Tabel 3.3, nilai jari-jari minimum untuk kecepatan lapangan 27 km/jam adalah 95 m dan untuk kecepatan rencana 40 km/jam adalah 250 m.Kemiringan tikungan pada lapangan yang ditunjukan melalui diagram superelevasi adalah sebesar 7,5 %. Hal ini menunjukan kemiringan di lapangan sudah sesuai karena nilai superelevasi maksimum yaitu sebesar 10 %.Usulan perbaikan yang direkomendasikan yaitu rehabilitas rambu rambu jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords: Geometrik Eksisting; Ditjen Bina Marga (1997)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2024 03:20
Last Modified: 02 May 2024 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56098

Actions (login required)

View Item
View Item