PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGENEERING AND MATHEMATICS PADA MATERI SISTEM INDRA KELAS XI DI SMA SWASTA PARULIAN 2MEDAN T.P. 2022/2023

Manalu, Yohana Destri Wanty (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGENEERING AND MATHEMATICS PADA MATERI SISTEM INDRA KELAS XI DI SMA SWASTA PARULIAN 2MEDAN T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141049_Cover.pdf] Text
4193141049_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4193141049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4193141049_Abstrak.pdf] Text
4193141049_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4193141049_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141049_Kata_Pengantar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4193141049_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141049_Daftar_Isi.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4193141049_BAB_I.pdf] Text
4193141049_BAB_I.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193141049_BAB_V.pdf] Text
4193141049_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193141049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku berbasis STEM pada materi sistem indra di kelas XI SMA dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan menggunakan metode pra-eksperimen one group pretest-posttest design. Pada penelitian ini menggunakan instrumen yang telah divalidasi berupa RPP, angket penilaian ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran, instrumen tes (pretest dan posttest), serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Buku saku dalam kriteria valid ditinjau dari aspek kelayakan isi dan kelayakan bahasa buku saku dengan kategori sangat layak; (2) Buku saku dalam kriteria valid ditinjau dari aspek kelayakan kegrafikan dan kelayakan penyajian buku saku dengan kategori sangat layak; (3) Berdasarkan penilaian guru, buku saku dalam kriteria valid ditinjau dari aspek kelayakan isi buku saku dengan kategori layak; (4) Buku saku memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian siswa dengan kategori sangat positif; (5) Buku saku memenuhi kriteria efektif dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, berdasarkan analisis nilai hasil belajar siswa pretest dan posttest didapat N-Gain sebesar 0,60 (termasuk dalam kategori sedang) dinyatakan memberikan efektivitas hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 570.071 2 Man p
Keywords: Buku saku; Sistem indra; Perangkat pembelajaran; Science technology engineering and mathematics
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 May 2024 03:19
Last Modified: 02 May 2024 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56097

Actions (login required)

View Item
View Item