PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA N 2 TEBING TINGGI

Tambunan, Yeremia (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA N 2 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4163121021_Cover.pdf] Text
4163121021_Cover.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4163121021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163121021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 4163121021_Abstrak.pdf] Text
4163121021_Abstrak.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4163121021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163121021_Kata_Pengantar.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4163121021_Daftar_Isi.pdf] Text
4163121021_Daftar_Isi.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 4163121021_BAB_I.pdf] Text
4163121021_BAB_I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4163121021_BAB_V.pdf] Text
4163121021_BAB_V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4163121021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163121021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan merancang bahan ajar e-modul berbantuan sigil software yang efektif dan memenuhi tingkat kelayakan media pembelajaran pada materi gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah R&D (research and development) dengan model pengembangan modifikasi Borg & Gall dengan langkah yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan media, dan tahap pengujian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMA N 2 Tebing Tinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil wawancara, observasi, angket, dan hasil tes. Hasil validasi dari ahli media terhadap e-modul gerak parabola yang dikembangkan memiliki nilai 3,19 dengan kriteria baik. Hasil validasi dari ahli materi terhadap e-modul ini memiliki nilai 3,68 dengan kriteria sangat baik. Hasil respon guru terhadap bahan ajar e-modul ini memiliki nilai 3,86 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji respon peserta didik terhadap bahan ajar e-modul ini memiliki nilai 4,2 dengan kriteria baik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji effect size dengan nilai 0,54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan sigil software pada materi gerak parabola layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 2 Tam p
Keywords: E-modul; Sigil software; Gerak parabola; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 May 2024 03:07
Last Modified: 02 May 2024 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56092

Actions (login required)

View Item
View Item