Tambunan, Yeremia (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA N 2 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4163121021_Cover.pdf
Download (359kB)
4163121021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (574kB)
4163121021_Abstrak.pdf
Download (36kB)
4163121021_Kata_Pengantar.pdf
Download (244kB)
4163121021_Daftar_Isi.pdf
Download (386kB)
4163121021_BAB_I.pdf
Download (304kB)
4163121021_BAB_V.pdf
Download (201kB)
4163121021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (258kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan merancang bahan ajar e-modul berbantuan sigil software yang efektif dan memenuhi tingkat kelayakan media pembelajaran pada materi gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah R&D (research and development) dengan model pengembangan modifikasi Borg & Gall dengan langkah yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan media, dan tahap pengujian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMA N 2 Tebing Tinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil wawancara, observasi, angket, dan hasil tes. Hasil validasi dari ahli media terhadap e-modul gerak parabola yang dikembangkan memiliki nilai 3,19 dengan kriteria baik. Hasil validasi dari ahli materi terhadap e-modul ini memiliki nilai 3,68 dengan kriteria sangat baik. Hasil respon guru terhadap bahan ajar e-modul ini memiliki nilai 3,86 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji respon peserta didik terhadap bahan ajar e-modul ini memiliki nilai 4,2 dengan kriteria baik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji effect size dengan nilai 0,54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan sigil software pada materi gerak parabola layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Tam p |
Keywords: | E-modul; Sigil software; Gerak parabola; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:07 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56092 |