BR Tarigan, Siska Rani (2022) Pengembangan Media roda putar pada pembelajaran tema 1 subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman SD Negeri 048232 Kabanjahe. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311017_COVER.pdf
Download (53kB)
2. NIM. 1183311017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (313kB)
3. NIM. 1183311017_ABSTRAK.pdf
Download (218kB)
4. NIM. 1183311017_KATA PENGANTAR.pdf
Download (271kB)
5. NIM. 1183311017_DAFTAR ISI.pdf
Download (147kB)
6. NIM. 1183311017_DAFTAR TABEL.pdf
Download (115kB)
7. NIM. 1183311017_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 1183311017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 1183311017_BAB I.pdf
Download (319kB)
13. NIM. 1183311017_BAB V.pdf
Download (240kB)
14. NIM. 1183311017_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (215kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan kelayakan media pembelajaran digunakan untuk proses pembelajaran dikelas (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran pada tema 1 subtema 2 kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (Penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis (analisis), Design (desain), Development
pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation
(evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 22 orang siswa SDN 048232 Kabanjahe. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru, angket respon
peserta didik, dan tes soal kelas IV SDN 048232 Kabanjahe dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, media dan guru. Analisis data penelitian dan pengembangan media roda putar menunjukkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 68%
dikategorikan “Layak” dan validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 48% dikategorikan “Cukup Layak”. Setelah melakukan revisi validasi ahli media memperoleh persentase 94,6% dikategorikan “Sangat Layak” dan revisi validasi ahli materi memperoleh persentase 82% dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 92,8% dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh presentase
94% dikategorikan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media pembelajaran roda putar yang dikembangkan, diperoleh nilai sebelum menggunakan media pembelajaran 58,40% kategori (Tidak Tuntas), setelah menggunakan media
embelajaran hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,81%
kategori “Tuntas”. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media roda putar layak, praktisi dan efektif digunakan untuk pembelajaran dikelas IV SDN 048232 Kabanjahe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development; Media Roda Putar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:07 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56090 |